• Ps. Indri Gautama
  • 03 Juli 2011
  • Ibadah Raya III - Pk. 11.15 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 - 6230 3360 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Janji - Janji Berkat Tuhan

Ulangan 7: 12 "Dan akan terjadi, karena kamu mendengarkan peraturan-peraturan itu serta melakukannya dengan setia, maka terhadap engkau TUHAN, Allahmu, akan memegang perjanjian dan kasih setia-Nya yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu."

Kita tidak bisa memegang peraturan Tuhan kalau kita tidak mengasihi Tuhan. Apa anda memegang perintah Tuhan? Bukti nya adalah dengan cara mengasihi Tuhan. Jika kita tidak melakukan perintah Tuhan artinya kita bekerjasama dengan iblis. Contoh: Adam dan Hawa saat mengikuti perintah iblis, maka apa yang menjadi janji Tuhan hilang. Ketika kita percaya Tuhan Yesus, jangan sepotong-sepotong melainkan sepenuh hati, dan lakukan apa yang menjadi perintah dan peraturan Tuhan. Roh Kudus akan mengajari kita melalui saat teduh kita, jika orang berhikmat melihat malapetaka maka ia akan sembunyi dalam hadirat Tuhan.

Ibrani 11: 32-40 "Dan apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak menceriterakan tentang Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud dan Samuel dan para nabi,yang karena iman telah menaklukkan kerajaan-kerajaan, mengamalkan kebenaran, memperoleh apa yang dijanjikan, menutup mulut singa-singa, memadamkan api yang dahsyat. Mereka telah luput dari mata pedang, telah beroleh kekuatan dalam kelemahan, telah menjadi kuat dalam peperangan dan telah memukul mundur pasukan-pasukan tentara asing. Ibu-ibu telah menerima kembali orang-orangnya yang telah mati, sebab dibangkitkan."

Bangsa Israel mengalami perbudakan, mereka mengalami tekanan dalam segala hal, baik mental, jiwa dan roh, mereka berteriak sampai kepada Tuhan (Kel. 2: 23-25). Tuhan menghendaki bahwa kita disanggupkan untuk menaklukkan kerajaan iblis. Tuhan mempunyai kapasitas yang akan diberikan kepada kita adalah kapasitas yang besar bukan kecil. Ketika Musa melakukan kesalahan membunuh orang mesir, Musa lari keluar dari Mesir menuju ke padang gurun. Musa membawa tongkat artinya bahwa Musa mempunyai kuasa, ketika kita mempunyai kuasa maka kita mendapat kemenangan dan berkat-berkat. Dan TUHAN berfirman:

"Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka.Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus". (Keluaran 3: 7-8)

Tuhan senantiasa menggenapi janji-janjiNya, ketika bangsa Israel sengsara seruan dan permohonan diperhatikan Tuhan dan memberi jawaban atas setiap masalah yang dialami bangsa Israel. Bangsa Israel harus menyeberang sungai Yordan terlebih dahulu sebelum masuk ke negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. Selain menyeberang sungai Yordan bangsa Israel harus berperang dan mengalahkan suku-suku sekitar negeri tersebut yaitu Kanaan, Het, Amori, Feris, Hewi, Yebus, karena suku-suku tersebut menyembah berhala. Ketika kita dibawa Tuhan ke tanah perjanjian maka kita harus hidup dalam standar Tuhan, tidak boleh terpengaruh oleh suku-suku yang menyembah berhala. Untuk keluar dari Mesir hanya membutuhkan waktu satu malam, tetapi untuk mengeluarkan Mesir dari hati bangsa Israel perlu empat puluh tahun. Kalau tidak mau mengeluarkan Mesir dari hati, bangsa Israel dibinasakan oleh Tuhan sendiri. Mesir berbicara roh dunia, yaitu kehidupan yang tidak berkenan dari Allah. Kristen padang gurun artinya adalah orang-orang Kristen yang hanya mencari berkat dan mujizat. Tuhan memanggil kita untuk sampai pada tujuan dan rencana Tuhan. Begitu juga hidup kita percayalah kepada Tuhan dan jangan meragukan kebenaran Firman Tuhan. Allah berjanji dan Dia akan menepati setiap janji berkat-berkatNya. Hanya orang-orang yang menang dalam peperangan di dunia inilah kita akan mendapatkan janji berkatNya.

Ulangan 7:1-3 "Apabila TUHAN, Allahmu, telah membawa engkau ke dalam negeri, ke mana engkau masuk untuk mendudukinya, dan Ia telah menghalau banyak bangsa dari depanmu, yakni orang Het, orang Girgasi, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, tujuh bangsa, yang lebih banyak dan lebih kuat dari padamu dan TUHAN, Allahmu, telah menyerahkan mereka kepadamu, sehingga engkau memukul mereka kalah, maka haruslah kamu menumpas mereka sama sekali. Janganlah engkau mengadakan perjanjian dengan mereka dan janganlah engkau mengasihani mereka. Janganlah juga engkau kawin-mengawin dengan mereka: anakmu perempuan janganlah kauberikan kepada anak laki-laki mereka, ataupun anak perempuan mereka jangan kauambil bagi anakmu laki-laki"

Kita bisa menaklukkan bangsa-bangsa di sekitar Kanaan yaitu hanya bersama-sama Tuhan. Tuhan menciptkan kita sebagai mahkluk yang diberikan kehendak bebas (Free Will). Di luar Alkitab kita tidak bisa berbuat apa-apa, tetapi dalam hidup ini pilihlah hidup, pilih sukses, pilih berkat/makmur. BerkatNya di Perjanjian Lama adalah melalui janji-janjiNya. Jika kita mendengar dan melakukan perintah Tuhan dengan setia, maka janji-janji digenapi. Ketika peperangan yang kita lakukan bukan dengan air mata melainkan dengan pedang bermata dua yaitu Firman Tuhan. Tuhan memberikan janji pemulihan dan kesembuhan itulah janji-janji berkatNya bagi kita. Amin

Ayat-ayat referensi : Yosua 3: 13, Hagai 2: 7-8, Ulangan 7:1, 17-23, Keluaran 3: 7-8.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

67 68 69 70 71 72 73 74
  • 02 Nov 2014, IR1 - IR3 & IR5
  • Ps. Levi Samodro Supit
  • 09 Nov 2014, IR1 - IR3
  • Pdt. Rubin Ong
  • 09 Nov 2014, IR5
  • Pdm. Sukirno Tarjadi
  • 16 Nov 2014, IR1 - IR3
  • Ev. Harun Yusuf
  • 16 Nov 2014, IR5
  • Pdt. Ir. Timotius Arifin
  • 23 Nov 2014, IR1 - IR3
  • Pdt. Johan Lumoindong
  • 23 Nov 2014, IR5
  • Pdt. Adiputra Hasani
  • 30 Nov 2014, IR1 - IR3 & IR5
  • Pdt. Benny Gunawan

Aplikasi GBI - PRJ

close