• Pdt. Harry Sanoza
  • 01 Maret 2017
  • Kebaktian Tengah Minggu - Pk. 19:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Seputar Mitos Pada Tradisi Tionghoa (Part I)

Orang Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci tangan-Nya sebelum makan. Tetapi Tuhan berkata kepadanya: "Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan. Hai orang-orang bodoh, bukankah Dia yang menjadikan bagian luar, Dia juga yang menjadikan bagian dalam? Akan tetapi, berikanlah isinya sebagai sedekah dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu. (Luk.11:38-41)

Tuhan Yesus datang kedalam dunia bukan untuk menghilangkan adat istiadat, tradisi, dan kebiasaan. Karena kita telah menjadi orang Kristen, berarti tidak semua adat istiadat tersebut harus kita ikuti.

Mitos sekitar Imlek (I)

Banyak mitos yang sebenarnya baik, hanya saja sudah bergeser kearah yang diberhalakan, sehingga ada yang boleh kita ikutin dan tentu tidak. Banyak hal yang luar biasa dari tradisi Cina.

  1. Potong rambut dan keramas untuk buang sial
  2. Ini harus dilakukan minimal satu hari sebelum Imlek kalai tidak kesialan tahun lalu akan terus melekat pada tahun yang baru

  3. Tidak boleh bersihkan rumah ketika sudah imlek. Kalau mau seharusnya sebelum imlek
  4. Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran. Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan. (Mat.23:27-28)

    Mitos ini mengajarkan bahwa rejeki akan hilang apabila kita membersihkan rumah.

  5. Soal Ang Pao
  6. Kalau belum menikah tidak boleh memberi. Tapi kalau sudah menikah dan ada usaha?

    Yesus berkata pula kepada mereka: "Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri. Karena Musa telah berkata: Hormatilah ayahmu dan ibumu! dan: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya harus mati. Tetapi kamu berkata: Kalau seorang berkata kepada bapanya atau ibunya: Apa yang ada padaku, yang dapat digunakan untuk pemeliharaanmu, sudah digunakan untuk korban--yaitu persembahan kepada Allah--, maka kamu tidak membiarkannya lagi berbuat sesuatupun untuk bapanya atau ibunya. Dengan demikian firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadat yang kamu ikuti itu. Dan banyak hal lain seperti itu yang kamu lakukan." (Mrk.7:9-13)

    Mengembalikan kepada Tuhan adalah baik, namun mengembalikan kepada orang tua juga adalah perlu.

  7. Huruf Hok Kie. Mengapa harus ditempel terbalik
  8. Orang Cina meyakini bahwa hari imlek adalah yang dimana berkat (hoki) turun.

  9. Harus damai dengan keluarga agar selalu ada Hok Kie
  10. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. (Mat.5:9)
    untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera." (Luk.1:79)
    Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! (Rom.12:18)

    Kita sebagai anak-anak Allah adalah anak-anak damai. Mengalah juga adalah salah satu bentuk perdamaian.

  11. Warna baju imlek, mengapa semua yang menyangkut imlek selalu berwarna merah?
  12. Orang Cina meyakini bahwa warna merah adalah perlambang sukacita.

  13. Makan malam sebelum imlek
  14. Kerinduan orang tua adalah berkumpul bersama pada malam tahun baru. Tujuannya mempererat kekeluargaan yang sudah tinggal jauh satu sama lain.

    Kebiasaan yang tidak baik adalah ketika tidak menghabiskan makanan, karena masih banyak orang yang masih kelaparan.

  15. Hujan lebat berarti Hok Kie besar tahun ini
  16. Sebetulnya karena hitungan imlek selalu jatuh pada bulan Januari atau Februari saat musim hujan.

    namun Ia bukan tidak menyatakan diri-Nya dengan berbagai-bagai kebajikan, yaitu dengan menurunkan hujan dari langit dan dengan memberikan musim-musim subur bagi kamu. Ia memuaskan hatimu dengan makanan dan kegembiraan." (Kis. 14:17)
  17. Tidak boleh menyanyi saat imlek
  18. Karena bisa mendatangkan hantu. Yang jelas tidak boleh berkata kasar.

    Adanya saja perkara di antara kamu yang seorang terhadap yang lain telah merupakan kekalahan bagi kamu. Mengapa kamu tidak lebih suka menderita ketidakadilan? Mengapakah kamu tidak lebih suka dirugikan? (1 Kor. 6:7)

    Tuhan Yesus mengajarkan bahwa apapun yang terjadi, kita harus mengalah dan berserah kepada Allah.

  19. Barongsai ada tidak di Alkitab?
  20. Tarian singa atau kirin = kie lin. Kuda liong Ini bisa baik bisa jahat

    Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya." (Why. 5:5)
    Takhta itu enam tingkatnya; pada takhta itu ada di sebelah belakang sebuah kepala bundar, dan pada kedua sisi tempat duduk ada kelek-kelek. Di samping kelek-kelek itu berdiri dua singa, (1 Raj. 10:19)

Bagi kita yang sudah mengerti tentang kebenaran, hal-hal diatas tidak patut diributkan. Mitos yang melanggar Firman Tuhan tidak perlu kita ikuti.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"