• Pdt. Then Willing Hariyanto
  • 23 Februari 2017
  • Women Of Integrity - Pk. 10:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Rancangan Tuhan Yang Sempurna

Kesaksian Pdt. Then Wiling Hariyanto:

Saya terlahir dalam kondisi yang normal seperti pada seorang bayi lahir pada umumnya, kemudian pada usia 16 tahun saya mengalami kebutaan. Dimulai dari suatu malam saya ingin memulangkan obeng dan ada sebuah jembatan yang harus saya lewati. Ketika melintas di jembatan itu saya terjatuh dan mengalami benturan yang cukup keras. Tidak ada luka dikepala saya tapi penglihatan saya mengalami penurunan. Awalnya saya tidak merasakannya sampai mama saya melihat cara jalan saya yang tidak lurus. Akhirnya saya dibawa ke dokter dan harus dioperasi. Setelah dioperasi dan perban dibuka ternyata mata saya tidak mengalami perbaikan malah saya mengalami kebutaan secara permanen.

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” (Yer 29:11)

Saya percaya Tuhan punya rencana yang besar bagi saya karena rancanganNya adalah damai sejahtera. Saya dibawa ke Bandung dan akhirnya dimasukkan dalam sekolah khusus bagi orang-orang buta, disitulah saya belajar cara menulis dan membaca. Setelah itu saya mengambil sekolah SPG, saya adalah satu-satunya murid yang mengalami kebutaan tapi saya memiliki prestasi peringkat pertama.

Setelah lulus dari SPG, kembali Tuhan mengingatkan saya untuk masuk sekolah Alkitab. Saya memiliki pergumulan karena kondisi saya yang buta tapi Tuhan terus mengingatkan saya akan panggilanNya dalam hidup saya. Akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan sekolah Alkitab dan memiliki prestasi yang baik juga. Pada Tahun 1998 saya menikah dan tahun 1999 istri saya mendapat panggilan dari Tuhan untuk masuk sekolah Alkitab juga dan setelah istri saya lulus S1 kami mendapat beasiswa untuk bersama-sama mengambil studi S2 di Melbourne. Sejak tahun 2002, kami dipakai Tuhan untuk melayani di beberapa negara dan kami sangat bersyukur karena Tuhan begitu baik bagi kami.

Apa yang menjadi rahasia kebangkitan iman kita didalam Tuhan? Kita harus percaya bahwa Allah memiliki rancangan yang terbaik dan masa depan yang penuh harapan. Dalam hidup ini pasti akan ada tantangan tapi ada tiga prinsip yang bisa kita gunakan untuk tetap teguh dalam panggilan Tuhan:

“Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu. Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita. Aku mengucap syukur kepada Allahku karena persekutuanmu dalam Berita Injil mulai dari hari pertama sampai sekarang ini. Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.” (Fil 1:3-6)
  1. Mengucap Syukur
  2. Mengucap syukur adalah prinsip dasar bagi setiap kita untuk menerima dengan tulus hati semua kasih karunia yang Tuhan berikan. Tantangan memang berat jika kita terus menimbang-nimbang dalam hati dan pikiran tapi jika kita terus mengucapkan syukur maka itu akan menjadi kekuatan yang besar dalam hidup kita dan membuat kita mampu menjalani setiap tantangan.

  3. Intim Dengan Tuhan
  4. Kekhawatiran pasti akan kita alami dalam hidup namun ketika kita mau membangun keintiman dengan Tuhan ada kepercayaan secara batiniah yang timbul dalam hati kita untuk bersandar dan berharap hanya kepada Tuhan.

    “Ketika itu TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: "Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu." Maka didirikannya di situ mezbah bagi TUHAN yang telah menampakkan diri kepadanya.” (Kej 12:7)

    Ketika Abraham hidup intim dengan Tuhan, maka ada pernyataan-pernyataan yang Tuhan berikan untuk meneguhkan janji setiaNya kepada Abraham.

  5. Keyakinan Yang Kokoh Tentang Allah
  6. “Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.” (Fil 1:6)

    Miliki keyakinan yang kokoh tentang Allah karena Tuhanlah yang memulai segala pekerjaan yang baik didalam kita dan Ia sendiri yang akan menyelesaikannya. Tuhan janji Ia tidak akan meninggalkan kita dan membiarkan kita berjalan seorang diri.

“Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti.” (Mzm 37:25)

Tantangan selalu ada selagi kita masih hidup tapi jangan pernah menyerah kepada segala masalah. Kita harus bangkit dan percaya kepada Tuhan. Oleh karena itu mengucap syukur senantiasa didalam Tuhan, hidup intim dengan Tuhan dan miliki keyakinan yang kokoh tentang Allah, maka Allah sumber damai sejahtera akan memelihara hati dan pikiran kita sehingga kita menjadi kuat dan mampu melangkah dalam rancangan dan penyertaan Tuhan yang sempurna. Amin…

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

Sermon By : Pdt. Then Willing Hariyanto

285 284 286 287
  • 23 Jul 2017
  • IR 3 : (11.15)
  • Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo
  • 23 Jul 2017
  • IR 1 s/d 2 & 5 : (07.00 - 09.00 & 16.30)
  • Pdt. Agus Lutan
  • 30 Jul 2017
  • IR 1 : (07.00)
  • Pdm. Rulianto Widjaja
  • 30 Jul 2017
  • IR 2 s/d 3 & 5 : (09.00 - 11.15 & 16.30)
  • Ps. Phillip Mantofa

Aplikasi GBI - PRJ

close
Integrity Magazine
Majalah COOL