• Pdt. Jefri Tambayong, S. Th
  • 09 Maret 2017
  • Women Of Integrity - Pk. 10:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Fight Againts Drugs (Perang Melawan Narkoba)

Kenapa negara kita dikatakan darurat narkoba? Indonesia adalah negara nomor 2 terbesar pemakai narkoba dan nomor 3 terbesar didunia pengedar narkoba. Segala segi bidang dinegara Indonesia mulai dari pemerintahan sampai kalangan bawah sudah mengkonsumsi narkoba.

Berdasarkan Laporan Akhir Survei Nasional Perkembangan Penyalahgunaan Narkoba tahun anggaran 2014, jumlah penyalahgunaan narkoba diperkirakan ada sebanyak 3,8 juta sampai 4,1 juta orang yang pernah memakai narkoba dalam setahun terakhir (current users) pada kelompok usia 10-59 tahun di tahun 2014 di Indonesia. Jadi, ada sekitar 1 dari 44 sampai 48 orang berusia 10-59 tahun masih atau pernah pakai narkoba pada tahun 2014. Angka tersebut terus meningkat dengan merujuk hasil penelitian yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan Puslitkes UI dan diperkirakan pengguna narkoba jumlah pengguna narkoba mencapai 5,8 juta jiwa pada tahun 2015.

  • 50-70 ORANG / HARI MATI KARENA NARKOBA DI INDONESIA SETARA DENGAN 15.000 – 20.000 ORANG MATI PER TAHUN DI INDONESIA (SUMBER : http://focusberita.com)
  • KURANG LEBIH 3 JUTA MANUSIA DIABORSI/DIGUGURKAN DI INDONESIA (SUMBER : http://www.kompasiana.com)
  • 80% PELAJAR SMP DAN SMA DI INDONESIA SUDAH TIDAK PERAWAN (SUMBER: http://www.kompasiana.com/)

APA ITU NARKOBA? Bahan-Bahan kimia singkatan dari Narkotika, PsiKotropika dan Bahan Adiktif atau Bahan BerBahaya lainnya yang bila dimasukan ke dalam tubuh manusia dapat mempengaruhi : Pikiran, Suasana hati, Perasaan, Perilaku seseorang bahkan menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. Apa yang dimaksud penyalahgunaan narkoba? Pemakaian narkoba diluar ketentuan medis, tidak dalam dosis yang benar, sehingga dapat menimbulkan ketergantungan.

APA ITU ADIKTIF? Zat adiktif adalah obat serta bahan-bahan aktif yang apabila dikonsumsi oleh organisme hidup, maka dapat menyebabkan kerja biologi serta menimbulkan ketergantungan atau adiksi yang sulit dihentikan dan berefek ingin menggunakannya secara terus-menerus. Jika dihentikan dapat memberi efek lelah luar biasa atau rasa sakit luar biasa. Zat yang bukan tergolong narkotika dan psikotropika tetapi menimbulkan ketagihan antara lain kopi, rokok, minuman keras, dll.

BAHAN ADIKTIF ( Bahan – bahan berbahaya ): Alkohol,Nikotin, Xylene (zat yang terdapat pada spidol whiteboard),

  • Zat yang mudah menguap : Lem Aibon, Thinner, Bensin, Spirtus
  • Zat yang menimbulkan halusinasi (Magic Mushrom)

ROKOK PINTU MASUK NARKOBA

Meski membahayakan diri sendiri dan orang yang ada di sekitarnya, nyatanya perokok masih diterima di masyarakat. Beda halnya dengan pecandu narkoba, ada hukum yang jelas untuk mempidanakannya. Padahal merokok sama saja dengan menghisap narkoba.

"Merokok adalah menghisap narkoba," jelas dr Hakim Sorimuda Pohan, SpOG dari Komisi Nasional Pengendalian Tembakau saat ditemui dalam acara Seminar IDI dengan tema 'Gangguan Kesehatan dan Pembiayaan Penyakit Terkait Rokok, Tanggung Jawab Siapa?' di Hotel Manhattan Jl Prof. Dr. Satrio Casablanca, Kuningan, Jakarta, Kamis (31/10/2013).

Menurut dr Hakim, narkoba merupakan nama kelompok besar atau familia, yang genusnya adalah narkotika, psikotropika dan bahan adiktif. Rokok adalah zat yang sangat adiktif, bahkan tingkat kecanduannya mengalahkan morfin, heroin dan marijuana alias ganja.

VIVAnews: Anggota Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, sedikitnya 1.172 orang meninggal per hari di Indonesia karena rokok.

"Jumlah perokok di Indonesia nomor tiga di dunia atau dengan jumlah 60 juta perokok saat ini," kata dia kepada VIVAnews di sela-sela acara peringatan hari tanpa tembakau sedunia di Monas, Jakarta, Minggu 31 Mei 2009.

Data ini disurvei oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2006-2007. Artinya, sekitar 427 ribu orang meninggal setiap tahun di Indonesia karena rokok. Tulus mengatakan, mereka yang meninggal umumnya karena penyakit yang ditimbulkan rokok seperti paru dan jantung koroner.

ROKOK ELEKTRIK BERBAHAYA…??? Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengingatkan bahwa rokok elektronik yang telah beredar di beberapa kota adalah produk ilegal dan tidak aman. Menurut Direktur Pengawasan NAPZA Badan POM Danardi Sosrosumihardjo, Jumat (6/8), produk ini belum melakukan uji klinis oleh karena itu berbahaya. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyatakan produk ini tidak aman dikonsumsi dan merekomendasikan untuk melarang peredarannya," kata Danardi. "Kami ingin mengatakan kepada masyarakat, produk ini tidak aman.

SHABU adalah psikotropika yang sangat berbahaya karena potensi menimbulkan ketergantungannya kuat. Psikotropika ini berbentuk kristal bening seperti butiran gula, tetapi ukurannya sedikit lebih besar sehingga ada yang menyebutnya crystal meth. Shabu-shabu pada awalnya digunakan sebagai stimulan. Pada saat Perang Dunia oleh tentara Jerman, Tentara Merah Rusia dan kamikaze Jepang digunakan untuk menambah keberanian dan semangat perang.

STRAWBERY METH : Ditemukan pada jajanan anak – anak (Permen). NARKOBA Crystal berbentuk bulat, mirip dengan permen POP ROCK rasa Strawbery (kalau kita kemut bisa berdesis di dalam mulut). Aromanya persis seperti Strawbery dan saat ini sudah beredar bebas di lingkungan sekolah. Namanya Straberry Meth atau Strawberry Quick. Anak2 berpikir bahwa barang tersebut adalah PERMEN (gula-gula), berhati-hatilah karana permen ini dapat menyebabkan kondisi sang anak bisa masuk RS dan ketagihan.

Selain rasa diatas dapat juga dalam rasa Coklat, kacang, Cola, chery, anggur dan rasa jeruk.

Crocodile Drug adalah Narkotika ‘underground’ yang memiliki efek samping yang amat sangat buruk. Karena narkotika ini menyebabkan daging sang pengguna membusuk. Penggunaan jenis Narkotika ini sebagian besar di Rusia, meskipun pemerintah percaya bahwa Narkotika berbahaya ini telah melanda ke Eropa Barat setelah adanya laporan pelanggan dengan cacat kulit parah muncul di kafe obat Jerman.

LSD: (Lycergic Alis Diethylamide) – Lucy in the sky with diamonds. Asam lisergat dietilamida (LSD) merupakan jenis bahan kimia baru yang bersifat halusinogen. bahan kimia atau obat ini, berbentuk seperti kertas dan biasanya lekat dengan istilah psikadelik. Diperkenalkan oleh Sandoz Laboratories (kini Novartis), dengan nama dagang Delysid, sebagai obat dengan berbagai penggunaan psikiatrik pada tahun 1947, Saat itu obat ini juga menjadi harapan besar dalam dunia pengobatan khususnya psikologis. Di Indonesia banyak sekali sebutan bagi obat ini, diantaranya acid, elsit, perangko, kertas dewa, dll.

MENGAPA BERBAHAYA & APA KERUSAKAN AKIBAT PENYALAHGUNAAN NARKOBA? Merusak Otak Manusia, Merusak Sistem Tubuh, HIV/Aids, Menjadi Penyebab Kematian.

Ciri-ciri pengguna Narkoba: Berat badan turun drastis, Mata cekung dan merah, Muka pucat dan bibir kehitaman, Buang air tidak lancar, Sakit perut tanpa alasan yang jelas, Tangan berbintik merah, Ada perubahan warna kulit pada bekas suntikan, Hidung berair seperti pilek. PERILAKU : Malas, Tidak peduli, Sering menyendiri, Nafsu makan tidak menentu, Takut air ( Jarang mandi ), Sering bersikap manipulatif, Mencuri, Suka ingkar janji, Sering bertemu orang tidak dikenal. STABILITAS EMOSI : Menjadi tertutup, Penuh rahasia, Suka menyendiri, Sensitif, Cepat Bosan, Mulai suka melawan jika ditegur.

“Kedekatan dengan Tuhan Menjauhkan kita dari Penyalahgunaan narkoba” dan “Keluarga adalah benteng utama Yang dapat menjauhkan anak – anak Dari penyalahgunaan narkoba”. YAKINKAN LINGKUNGAN KITA BERSIH NARKOBA. Amin..

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

Sermon By : Pdt. Jefri Tambayong, S. Th