• Suplement Cool CK7
  • 19 Maret 2017
  • Suplement COOL CK7 - Pk. 19:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Kuasa Perkataan; "Jaga Lidah Anda!"

Dalam peperangan rohani, pikiran, emosi dan perkataan negatif harus bisa kita kuasai dan melatih iman serta pengendalian diri kita. Sebuah pikiran akan menjadi milik Anda dan saya ketika kita mengucapkannya dari mulut kita. Anda dan saya tidak bisa menjaga segala jenis pikiran terlintas dalam pikiran kita, entah itu sukacita, sedih, kepanikan, kecemasan, kekuatiran, takut. Tapi Anda dan saya bisa mencegah dan menolak untuk menjadikan pikiran tersebut menjadi milik Anda dan saya.

Martin Luther, tokoh revormasi, pernah mengatakan: “Anda tidak bisa mencegah burung terbang di atas kepala Anda, tetapi Anda bisa mencegahnya untuk mendarat di sana dan membangun sarang di atas kepala Anda.” Pikiran-pikiran negatif akan datang pada waktunya, tetapi Anda tidak perlu menerimanya. Mereka tidak perlu menjadi bagian dari diri Anda. Jika Anda tidak mengatakannya, itu tidak akan pernah menjadi milik Anda. Namun pada saat Anda menyatakannya secara lisan semua hal-hal negatif, mereka menjadi milik Anda dan mulai melepaskan kuasa negatif ini dalam hidup Anda. Anda dan saya perlu mengambil sikap ini : “Saya menolak untuk menyampaikan apa pun yang bertentangan dengan apa yang saya percayai.”

Amsal 18:21 Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.

Kiata tidak hanya melepaskan kehidupan dengan mulut kita. Tapi juga kematian. Yang sangat menyedihkan, kebanyakan di antara kita lebih banyak melepaskan kematian dari pada kehidupan. Kita menentang diri kita sendiri dengan perkataan kita. Kita ditundukkan oleh lidah!

Poin berharga bagi kita mengenai menjaga lidah adalah bahwa :

  1. Perkataan yang Anda dan saya ucapkan itu penting! Punya kuasa!
  2. Contoh : Anda mungkin berdoa untuk pemulihan dalam pernikahan Anda, namun di sisi lain, Anda terus-menerus mengkritik, mengacaukan dan berbicara negatif tentang pernikahan Anda. Anda sedang melepaskan kuasa rohani negatif – kematian – yang akan melawan apa yang sedang Anda doakan. Bahkan meskipun Allah ingin bergerak demi Anda dan memulihkan Anda, Anda justru melepaskan kuasa rohani yang bertentangan melalui kata-kata negatif tersebut.

  3. Mengakui fakta tapi menyatakan kebenaran dari iman Anda!
  4. Tidak salah untuk mengucapkan fakta. Jika seseorang bertanya tentang anak Anda yang sedang sakit atau bermasalah, jangan katakan, “segalanya sempurna!” padahal, keadaannya tidaklah demikian. Anda bisa berkata, “Anak saya ada masalah, tetapi....Tuhan Yesus pasti tolong!” (lanjutkan dengan apa yang Anda percayai). Kadang-kadang Anda hanya perlu mengakui fakta-faktanya, “Saya punya masalah. Saya sedang bergumul dengan penyakit ini....” Tetapi ketika anda menghadapinya dengan Firman Tuhan, “Tetapi saya percaya bahwa saya akan disembuhkan, dalam nama Yesus.” Jelas, fakta selalu berbeda dengan kebenaran.

  5. Setiap kata yang Anda ucapkan dari mulut Anda adalah BENI yang menghasilkan buah sesuai dengan jenisnya.
  6. Awasi mulut Anda dan ucapkan kehidupan (Maz. 141:3 Awasilah mulutku yang Tuhan, berjagalah pada pintu bibirku!), karena Anda akan memakan buah dari perkataan Anda.

Amsal 18:20 “Perut orang dikenyangkan oleh hasil mulutnya, ia dikenyangkan oleh hasil bibirnya.”

Jika Anda mengomel, mengeluh dan mengucapkan segala hal negatif, maka itulah jenis buah yang akhirnya akan Anda makan dari perkataan tersebut. Jika Anda mengalami kepahitan dalam hati Anda, itu dimulai dengan Anda mengucapkan beberapa hal yang seharusnya tidak Anda ucapkan. Anda tidak bisa mencegah masalah untuk datang, tetapi Anda bisa mencegah agar masalah-masalah tersebut tidak mendominasi Anda.

Persiapan Khusus : Bagi Gembala COOL, sebelum sharing Suplement COOL ini, diharapkan Anda telah membaca berulang-ulang materinya, baca reverensi Alkitab, persiapan doa dan mohon urapan Roh Kudus. Jika kesulitan memahami materi, hubungi KaBid/KaDep COOL Anda atau bidang pengajaran CK-7 (Timbul Berutu – 0813 8212 2121, Samuel Kundimang – 0812 9001 8808, Satya W. Adjie – 0813 8052 8333).

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

285 284 286 287
  • 23 Jul 2017
  • IR 3 : (11.15)
  • Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo
  • 23 Jul 2017
  • IR 1 s/d 2 & 5 : (07.00 - 09.00 & 16.30)
  • Pdt. Agus Lutan
  • 30 Jul 2017
  • IR 1 : (07.00)
  • Pdm. Rulianto Widjaja
  • 30 Jul 2017
  • IR 2 s/d 3 & 5 : (09.00 - 11.15 & 16.30)
  • Ps. Phillip Mantofa

Aplikasi GBI - PRJ

close
Integrity Magazine
Majalah COOL