• Pdt. Rubin Ong
  • 25 Mei 2017
  • Ibadah Kenaikan Tuhan Yesus II - Pk. 10:30 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Makna Kenaikan Yesus Ke Sorga

Kisah Para Rasul 1:6-11, "Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?" Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

Para murid Tuhan Yesus masih memiliki konsep dunia dengan minta Yesus memulihkan kerajaan di dunia ini. Rencana Allah berbeda dengan kemauan manusia, karena kerajaan yang maksudkan Allah adalah Kerajaan Allah yang kekal. Ketika Yesus naik ke sorga ada tugas khusus bagi kita sebagai gereja Tuhan.

Makna kenaikan Tuhan Yesus ke sorga:

  1. Dia naik ke sorga meninggalkan kita karena gereja harus mengambil tanggungjawab untuk meneruskan karya keselamatan bagi dunia. Inilah saatnya kita melakukan kehendak Bapa. Gereja dilibatkan untuk memenuhi kehendak Bapa. Saat Yesus naik ke sorga, pusat kehendak Bapa ada di gereja. Yesus naik supaya mendewasakan kita, gereja-Nya untuk menjadi kepanjangan tangan Tuhan. Jadilah pelaksana kehendak Bapa sampai selesai. Kita dilibatkan dalam karya keselamatan.
  2. Ketika Yesus naik ke sorga, Roh Kudus (Yun. parakletos) turun untuk mengaktifasi kita sebagai saksi Kristus. Roh Kudus memberi "kuasa" (Yun. dunamos) kepada kita untuk mewartakan kabar keselamatan kepada dunia. Dari kata dunamos muncul istilah dinamit (daya ledak), artinya Roh Kudus di dalam hidup kita memiliki kuasa yang dahsyat. Kita akan memiliki kuasa kalau Roh Kudus tinggal dalam hidup kita. Yohanes 14:16, "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya." Roh Kudus akan menyertai kita selama-lamanya. Kalau itu terjadi kita punya kuasa yang tidak terbatas. Oleh sabab itui jangan takut dan gelisah. Yohanes 14:1, "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku."
  3. Yesus naik ke sorga untuk menyediakan tempat tinggal kekal bagi kita semua. Yohanes 14:2-3, "Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada."
Wahyu 21:1-3, "Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi. Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya. Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi. Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya. Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: "Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.(TB)

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

285 284 286 287
  • 23 Jul 2017
  • IR 3 : (11.15)
  • Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo
  • 23 Jul 2017
  • IR 1 s/d 2 & 5 : (07.00 - 09.00 & 16.30)
  • Pdt. Agus Lutan
  • 30 Jul 2017
  • IR 1 : (07.00)
  • Pdm. Rulianto Widjaja
  • 30 Jul 2017
  • IR 2 s/d 3 & 5 : (09.00 - 11.15 & 16.30)
  • Ps. Phillip Mantofa

Aplikasi GBI - PRJ

close
Integrity Magazine
Majalah COOL