• Ps. Edward Supit
  • 03 September 2017
  • 2PM - Pk. 14:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Ciptaan Yang Baru (Seri Khotbah "New Normal")

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.(2 Kor. 5:17)

Negara yang tidak mempunyai hukum dan peraturan, kehidupan penduduknya akan menjadi kacau dan mempunyai dampak yang negatif di negara tersebut. Kalau kita tidak tahu apa yang kita inginkan dan apa yang akan kita capai maka akan terjadi kekacauan.

Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum.(Ams. 29:18)

Hal yang lebih buruk daripada menjadi buta adalah memiliki penglihatan tapi tanpa visi.

Kita tidak akan dapat menjadi ciptaan yang baru apabila kita tidak memiliki tujuan. Ketika kita memiliki tujuan, kita memiliki kepastian dalam hidup kita.

Bagaimana agar kita dapat menjadi ciptaan yang baru

1.Connect (Terkoneksi dengan dunia)

Kita harus terus meng-upgrade diri kita seperti Tuhan Yesus. Tuhan Yesus adalah Tuhan yang relevan yang mau terkoneksi dengan dunia dengan cara turun kedalam dunia dan berhubungan dengan pemuka agama sampai dengan orang yang berdosa.

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.( Yoh. 3:16)

Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka.(Luk. 2:46)

Kemudian ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia.(Mrk. 2:15)

Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu."(Luk. 19:5)

Salam kepadamu dari tabib Lukas yang kekasih dan dari Demas.(Kol. 4:14)

2. Answering The Needs (Menjawab kebutuhan)

tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."(Yoh. 4:14)

Banyak orang akan merasa terjawab kebutuhannya dengan dekat kepada Yesus.

3. Be Authentic (Menjadi otentik yaitu duta Tuhan Yesus)

Kita harus tetap bergaul dengan orang berdosa tapi tidak menjadi terjebak dan ikut berdosa. Kita dapat mengikuti lingkungan di sekitar dengan filter yang kita miliki. Yang kita dapat lakukan adalah beradaptasi dalam perkembangan zaman.

Tujuan generasi muda pada saat ini adalah menjadi generasi yang relevan yang hidupnya berpusat pada Kristus. Milikilah cara berpikir yang baru yang mengikuti zaman agar kita dapat menjadi ciptaan yang baru.  Kita harus memiliki karakter yang baik, yang menyenangkan, dan dewasa.

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.(Yos. 1:8)

Kita boleh relevan dengan dunia, namun kita harus memiliki filter yang membentengi diri kita yaitu Firman Tuhan, berpusat pada Tuhan, dan dipenuhi Roh Kudus. 

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"