• Pdt. Benny Gunawan
  • 22 Oktober 2017
  • 2PM - Pk. 14:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Membangun Hubungan Dengan Tuhan (Seri Khotbah Relationship With God)

Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. Jadi Henokh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun. Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.(Kej. 5:22-24)

Orang-orang yang bergaul dengan Tuhan pasti akan terangkat dan masuk sorga.

TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.(Maz. 25:14)

Tuhan sebagai sahabat akan menolong kita.

Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai."Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.(Maz. 91:1-2;14)

Orang yang bergaul dengan Tuhan akan menjadikan Tuhan sebagai tempat bernaung, tempat perlindungan dan kubu pertahanan.

Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.(Yoh. 15:7) 

Apa saja yang kita doakan pasti akan dijawab oleh Tuhan.

Tuhan dan kita harus bersama-sama membangun hubungan dua arah. Tuhan terlebih dahulu yang membangun hubungan dengan kita sampai mati di kayu salib bagi kita. Namun berapa banyak dari kita yang merespon dan mau membangun hubungan dengan Tuhan.

Bagaimana membangun hubungan dengan Tuhan yang tidak kelihatan? Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang nyata dan hidup dan benar-benar ada.

Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."(Yoh. 4:23-24)

Waktu kita menyembah Tuhan, sebenarnya kita sedang membangun hubungan dengan Tuhan. Penyembahan berbicara tentang keintiman dengan Tuhan. Penyembahan adalah kunci untuk membuka pintu surga. Waktu kita berdoa, memuji, dan menyembah kita sedang membangun hubungan dengan Tuhan.

Apa yang kita harus responi ketika kita membangun hubungan dengan Tuhan 

1. Kita harus menjadi penyembah dengan benar dan kudus

"Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?" "Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.(Maz. 24:3-4)

Kita harus hidup kudus dihadapan Tuhan. Kita harus berhenti dari hal-hal yang kotor dan najis. Ketika kita intim dengan  Tuhan, Tuhan akan mengimpartasi perkara yang besar kepada kita. Kita harus meresponi hubungan dengan Tuhan dengan cara mengalami Tuhan. Kalau kita hidup kudus dihadapan Tuhan, hidup kita akan diberkati.

2. Menyembah Bapa

Kita tidak mungkin menyembah kalau kita tidak punya hubungan dengan Bapa. Kita harus menyembah dengan bergairah, dengan haus dan lapar ketika kita menyembah dengan Tuhan. Membangun hubungan dengan Bapa artinya harus mengalami kasih yang mula-mula.

"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.(Yoh. 14:15)

Bukti dari kita mengasihi Tuhan adalah menuruti perintah Tuhan. Disiplinkan diri kita untuk membaca Firman Tuhan.

3. Menyembah dalam Roh

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.(Ibr. 11:1)

Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku."(Yak. 2:18)

Roh Kudus akan memimpin kita dalam penyembahan kepada Tuhan. Waktu kita menyembah, kita harus menyembah dengan iman kita.

4. Menyembah dalam Kebenaran

Kita harus hidup sesuai dengan Firman Tuhan. Waktu kita hidup sesuai dengan Firman Tuhan, kita sedang mengalami peperangan rohani dan kita mengalami proses dan tekanan. Ketika kita menang di area ini, kita meniadakan kedagingan kita. 

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"