• Pdt. Rubin Ong
  • 28 Februari 2018
  • Kebaktian Tengah Minggu - 19:00
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

ADAKAH TUHAN DI MASALAHKU?

Adakah Tuhan dalam masalah kita? Percayalah bahwa Tuhan ada dalam semua musim kehidupan. Tanda bahwa Tuhan adalah ketika Firman Tuhan itu ada bersama kita.

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.(Yoh.1:1-3)

Dimana ada Firman, disitu ada Tuhan. Alami dan hidupi Firman, maka masalah akan kita atasi. Orang yang diproses ketika ada masalah, maka orang tersebut akan memperoleh hasil yang terbaik. Yesus adalah Tuhan yang berani mempertaruhkan harga diri, integritas, kemuliaan-Nya dalam perkataan-Nya.

Prinsip tentang masalah

Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.(Yak.1:2-4)

Kita akan memiliki sudut pandang yang berbeda tentang masalah apabila kita mengenal Firman. Kata pencobaan (masalah) dalam bahasa Yunani berarti tekanan dari luar untuk membuktikan isi didalam. Problem apabila dilihat dari sudut pandang Firman adalah bermaksud baik. Waktu kita mengalami tekanan dan masalah, akan muncul siapa sesungguhnya diri kita.

Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itupun segera tumbuh, karena tanahnya tipis.(Mat.13:5)

Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati.(Mat.13:7)

Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah: ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.(Mat.13:8)

Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.(Mat.13:12)

Orang boleh hebat dalam berteori, namun apabila belum teraplikasi dalam kehidupan maka itu akan tetap menjadi teori. Gelar, harta, apapun yang kita punya tidak akan menolong kita menghadapi masalah dan tidak akan menjamin. Hanya respon dan sudut pandang yang benar dalam Firman Tuhan yang akan menolong kita menghadapi proses.

Yang dimaksud dengan ayat diatas adalah memiliki pengertian dan kelimpahan hikmat. Dalami Firman dan ubah sudut pandang.

umat yang telah Kubentuk bagi-Ku akan memberitakan kemasyhuran-Ku."(Yes.43:21)

Kata kuncinya adalah umat yang telah dibentuk Tuhan, dan kemasyhuran adalah dampaknya. Proses pembentukan bisa lewat apa saja. Masalah kalau direspon dengan benar pada saat pembentukan akan menghasilkan kemuliaan. Kemuliaan berarti kualitas Tuhan. Kalau saat ini kita sedang dibentuk dan setia pada Firman Tuhan, nilai kita akan melebihi apapun dimata Tuhan.

Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu.(Maz. 119:71)

Belajar berarti mengalami Tuhan. Kalau memang proses membutuhkan waktu, tetaplah percaya kepada Tuhan. Karena Tuhan kita adalah Tuhan yang tidak pernah terlambat. Masalah akan membuktikan kualitas orang Kristen. Asal ada Firman Tuhan, pasti ada Tuhan.

TUHAN YESUS MEMBERKATI


"TUHAN YESUS MEMBERKATI"