• Pdt. Ridwan Hutabarat
  • 07 Maret 2018
  • Kebaktian Tengah Minggu - 19:00
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

JANGAN GAGAL FOKUS

Mat. 22:34-40 “Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia: "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."(TB)

Pada kedua hukum yang sama yang dimaksud adalah hukum didalan kitab keluaran dan dalam kitab ini, kalau kita mendengar firman ini berarti Tuhan berbicara kepada untuk kita hari ini. Jadi Allah mau kita harus menjaga hidup kita supaya tidak gagal fokus. Sehingga kita tetap menjadi orang yang terpilih karena ada firman yang berkata banyak yang dipanggil sedikit yang dipilih.

1 Kor. 13:1-3

Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.(TB)

Sekalipun kita hebat dalam hal apapun itu bukan sebagai ukuran rohani kita.Tetapi kehidupan yang memancarkan kasih nyata adalah sebagai fokus dalam hidup kita. Jadi fokus hidup kita tidak hanya untuk melihat mukjizat, kesembuhan, berkat yang sifatnya jasmaniah tetapi untuk kita harus fokus kepada Tuhan sendiri. Gereja tidak boleh fokus dengan kesembuhan tetapi gereja boleh berdoa kesembuhan dan gereja tidak boleh juga anti kesembuhan. kenapa gereja gagal fokus, Karena selama ini gereja fokus pada kesembuhan daripada kebenaran firman. Sehingga jemaat kurang mengalami pertumbuhan secara rohani, inilah yang disebut banyak gereja mengalami gagal fokus. Kesembuhan bukanlah fokus kita tetapi sebagai jembatan tetapi kasih adalah fokus dalam hidup kita.

Mat. 7:23Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"(TB)

 Semua perbuatan kita yang lakukan akan membuktikan kita apakah sebenarnya kita ini manusia rohani atau sebaliknya . Kenapa kita bisa mengasihi Tuhan karena kita fokus akan pribadi Tuhan. sebab Allah adalah tempat pengharapan kita untuk selama-selamanya.

Kenapa kita mengasihi Allah:

1. Karena Dialah sumber kebenaran kita.

2. karena Allah sudah mengasihi kita lebih apapun juga.

Allah menghendaki kita tidak gugur tetapi menghendaki kita mencapai garis akhir oleh sebab itu kita harus fokus terhadap pribadi Allah dan hidup dalam kebenaran.

Bagaimana caranya kita mengasihi Tuhan? hanya kenali kesukaanya dan kebiasaanya Tuhan. Seperti hubungan kita dengan pasangan hidup kita harus saling mengenali satu dg yang lain sehingga bisa saling memberikan yang terbaik.

Yoh. 14:15"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.(TB)

Hanya dengan melakukan kebenaran dan seluruh perintah satu-satunya bukti kita sungguh mengasihi Tuhan. Jangan pernah kita berfokus kepada janji Tuhan tetapi fokus lah terhadap semua perintah Tuhan.Mengakui Yesus sebagai Tuhan artinya taat atas semua perintah-perintah Allah.

Perintah Tuhan adalah kesukaan Tuhan, janji Tuhan adalah kesukaan Manusia, jadi kita harus fokus pada perintah Tuhan karena itu adalah kesukaan Allah sendiri.

1 Kor. 2:9Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."(TB)

fokus kita adalah ketaatan akan semua perintah Tuhan. Situasi dan kondisi tidak akan merubah kasih kita terhadap Tuhan.

TUHAN YESUS MEMBERKATI


"TUHAN YESUS MEMBERKATI"