• Pdm. DR. Janto Simkoputera, MD PhD
  • 30 Maret 2018
  • Ibadah I & II Jumat Agung - Pk. 08:00 & 10:30 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Salib Kristus

Hari ini adalah Jumat Agung dimana hari ini kita memperingati kematian Tuhan Yesus dan pada hari ketiga Ia bangkit dari kubur dan 40 hari kemudian Ia menampakkan diri-Nya kepada murid-murid-Nya. Hari ini kita mengingat kebaikan Tuhan Yesus untuk menebus dosa-dosa kita dan kita semua harus berubah sperti yang Tuhan kehendaki. Pada waktu Tuhan mau mati Ia memanggil murid-murid-Nya untuk perjamuan terakhir. Perjamuan Kudus berusaha disesatkan oleh lukisan Leonardo Da Vinci yang berupa duduk di meja. Padahal, yang benar adalah secara lesehan atau duduk di bawah (lihat gambar).

Yudas Iskariot pun berada dekat dengan Yesus alias termasuk VIP.

"Dan ketika mereka sedang makan, Ia berkata: 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku' (Mat. 26:21).

Tuhan Yesus pun berkata bahwa akan ada yang mengkhianati Dia.

"Ia menjawab: 'Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini, dialah yang akan menyerahkan Aku'" (Mat. 26:23).

Dialah Yudas yang termasuk orang VIP tadi. Matius 26:30, Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya ke Bukit Zaitun

DI TAMAN GETSEMANI, berasal dari bahasa Ibrani : Gat-Šmânim yang berarti alat pemeras (penghasil) minyak. Tuhan membawa murid-murid dan Yesus ditangkap di taman Getsemani.

MAKNA GETSEMANI

  1. Tempat pemrosesan/pemerasan buah zaitun (tidak berharga) menjadi minyak yang berharga
  2. Gereja harus membuat jemaat untuk melakukan firman Tuhan, Matius 7:21. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga." Orang yang diselamatkan adalah orang yang melakukan firman Tuhan dan hidup dalam ketaatan.

    Di alam pengadilan Yesus, Ia dibawa ke mahkamah Agama lalu dibawa ke Mahkamah Konstitusi.

    Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; orang-orang lain memukul Dia, (Matius 26:67)
  3. Proses KehendakKu menjadi KehendakMu (yang terjadi pelepasan hak)?Karakter Kristus
  4. Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki." (Matius 26:39)
    Maka masuklah Iblis ke dalam Yudas, yang bernama Iskariot, seorang dari kedua belas murid itu. (Lukas 22:3) -> Yudas Berkhianat

    MENGAPA YESUS MAU MELAKUKAN INI SEMUA ?

    1. Penyakit kitalah yang ditanggungnya (Yesaya 53:4a)
    2. Kesengsaraan kita dipikulnya (Yesaya 53:4b)
    3. Pemberontakan kita didamaikan (Yesaya 53:5)
    4. Keturunan kita lanjur umurnya (Yesaya 53:10b)
    5. Kita menjadi orang benar dihadapan-Nya & Memancarkan terang Kristus (Yesaya 53:11)
    6. Memperoleh Keselamatan (Yesaya)
    7. Oleh bilur-bilurnya kita disembuhkan (Yesaya 53:5c)

Tuhan mengundang kita untuk datang kepada Yesus, Jika kita memiliki beban berat dan membutuhkan penghiburan datanglah kepada Dia, supaya sukacita dan penghiburan datang ke dalam hidup kita. Amin…!

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"