• Pdt. Johan Lumoindong
  • 06 Mei 2018
  • Ibadah Raya III - Pk. 11:15 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Menang Atas Masalah

“Lalu Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nyapun mengikuti-Nya. Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur. Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: "Tuhan, tolonglah, kita binasa." Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. Dan heranlah orang-orang itu, katanya: "Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?"(Mat. 8:23-27)

Kalau kita menjumlahkan dalam kehidupan kita bahwa pertolongan Tuhan lebih banyak dari masalah yang kita hadapi. Dari sekian banyak pesan-pesan yang disampaikan, baik itu sakit penyakit, keturunan, masalah keluarga dan 90% semua masalah yang disampaikan itu diselesaikan dan dijawab oleh Tuhan.

Bila kita memperhatikan di perkotaan maupun di pedesaan, Ada banyak orang kristen yang kehilangan jati diri. Di balik pergumulan selalu ada berkat yang Tuhan akan sediakan kepada kita dan membawa kita dalam pengalaman dengan Tuhan. Mengikut Yesus adalah kualitas tertinggi dalam hidup kita. Untuk memiliki tetang kualitas yang tertinggi dari hidup ini harus ditempa dengan ujian dan pencobaan. Tuhan bukan bermaksud merendahkan kita melalui setiap ujian tetapi Tuhan tetapi melauinya agar Tuah semakin dikenal lewat setiap masalah. 

Kalau kita membaca firman Tuhan di atas bahwa masalah, angin ribut menjadi bagian hidup kita pada umumnya namun kalau kita membaca hasil akhir ayat di atas yaitu kemenagan adalah milik Tuhan. Hal yang terjadi di atas adalah hal yang tidak mungkin dilakukan dan diselesaikan dengan kemampuan manusia tetapi apa yang tidak mungkin bagi manusia mungkin bagi Tuhan. Oleh sebab itu apa yang harus kita kerjakan agar kita menang atas masalah :

1. Mengerjakan bagian kita.

Kita harus membereskan dahulu masalah kita baru Tuhan melakukan bagian Tuhan, “Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali.(Mat. 8:26) Banyak orang yang bermasalah sering membesarkan-besarkan masalah dari pada Tuhan, itu sebabnya Tuhan berkata, “mengapa kamu takut…” hal ini berarti murid-murid punya masalah yang harus diselesaikan yaitu mereka punya ketakutan padahal Tuhan Yesus ada dalam perahu bersama-sama murid.

2. Melibatkan Tuhan dalam Hidup Kita

Lalu Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nyapun mengikuti-Nya. (Mat. 8:23) 

Pernahkan perahu kita dinaiki oleh Tuhan Yesus ? Jika hidup kita mau mengalami kemenangan kita harus melibatkan Tuhan dalam perahu hidupmu. Ketika Tuhan terlibat dalam hidupmu itulah yang membuat kita tertolong dalam setiap masalah dalam kehidupan kita. Kita memang yang menghadapi masalah tetapi Tuhan yang mampu dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan ini. Orang yang melibatkan Tuhan tidak marah-marah dalam hidupnya, Orang yang melibatkan Tuhan dalam kehidupannya anti kekerasan, orang yang melibatkan Tuhan mempunyai waktu banyak untuk Tuhan.

Selama kita hidup dimuka bumi, masalah sudah menjadi bagian hidup manusia, angin ribut bisa datang kapan saja dalam hidup kita. Tetapi kalau kita melibatkan Tuhan dalam setiap bisnis, keluarga dan pelayanan bahkan sakit penyakit maka kita akan melihat pertolongan Tuhan dalam hidup kita. Amin…!

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

Aplikasi GBI - PRJ

close

Shortcuts

Integrity Magazine
Majalah COOL