• Pdm. DR. Janto Simkoputera, MD PhD
  • 10 Mei 2018
  • Ibadah Raya I & II - Pk. 07:00 & 09:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Mengapa Yesus Menampakkan Diri?

Kronologi Tuhan Yesus : Lahir ke dunia -> melayani selama 3,5 thn -> mati disalib & bangkit -> selama 40 hari menampakkan diri kepada murid-murid -> 10 hari setelah kenaikan Roh Kudus dicurahkan.

Pentakosta :

PENCURAHAN ROH KUDUS PERTAMA.: UPPER ROOM JERUSALEM (2000 thn lalu) -> 70% Penduduk kerajaan Romawi jadi Kristen 

PENCURAHAN ROH KUDUS KEDUA : AZUSA STREET Los Angeles (1906) -> 21% Penduduk dunia menjadi Kristen.

PENCURAHAN ROH KUDUS KETIGA : SEDANG BERLANGSUNG SAAT INI -> Penuaian satu miliar jiwa. 

Mengapa Tuhan Yesus harus menampakkan diri ?

1) Membuktikan bahwa Yesus hidup.

Yohanes 20 : 24 - 25 24Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ. 25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya."

Yohanes 20 : 26 – 28 26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" 27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." 28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!" 29 Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya. Berbahagialah kita karena percaya kepada Yesus, meskipun tidak melihat. Kalau Yesus tidak bangkit, maka kita adalah orang paling malang, karena hidup dengan penuh dosa dan Sia-sialah Pemberitaan Injil Kasih Karunia.

1 Korintus 15 : 17 - 19 17 Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu. 18 Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus. 19 Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia.

2) Unusual Miracle Tidak Terjadi.

Yohanes 21 : 1 - 3c 1 Kemudian Yesus menampakkan diri lagi kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias dan Ia menampakkan diri sebagai berikut. 2 Di pantai itu berkumpul Simon Petrus, Tomas yang disebut Didimus, Natanael dari Kana yang di Galilea, anak-anak Zebedeus dan dua orang murid-Nya yang lain. 3c …Mereka berangkat lalu naik ke perahu, tetapi malam itu mereka tidak menangkap apa-apa.

Yohanes 21: 4, 6, & 11 4 Ketika hari mulai siang, Yesus berdiri di pantai; akan tetapi murid-murid itu tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. 6 Maka kata Yesus kepada mereka: "Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh." Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan. 11 Simon Petrus naik ke perahu lalu menghela jala itu ke darat, penuh ikan-ikan besar: seratus lima puluh tiga ekor banyaknya, dan sungguhpun sebanyak itu, jala itu tidak koyak.

Kita akan mengalami unusual miracle jika kita percaya dan taat sepenuhnya kepada Firman Tuhan!

3) Tuhan Yesus Mengasihi Kita

Yohanes 21 : 15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku." (1x).

Yohanes 21 : 16 Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku." (2x).

Yohanes 21 : 17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku (3x).

Yohanes 21 : 18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki."

Yohanes 21 : 19bSesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: "Ikutlah Aku." Petrus à jadi Pengikut Yesus lagi. Kekecewaannya dibalut, itulah kasih Kristus. Karena 3x Simon Petrus menyangkal Yesus, maka Yesus pun bertanya kepadanya sampai 3x dengan pertanyaan yang sama, “Apakah engkau mengasihi Aku?”. Tujuan mengapa Tuhan Yesus bertanya sampai 3x adalah untuk memulihkan secara total hati dan hidup Petrus untuk kembali kepada panggilannya. Ketika hati dan hidup Petrus dipulihkan, maka Tuhan memberi dia tugas untuk menggembalakan domba-domba milik Tuhan (para murid). Jika kita mengasihi Tuhan, maka kita akan menggembalakan keluarga kita, orang-orang yang Tuhan percayakan untuk kita pimpin dengan kasih, kesabaran dan kelembutan. Jika ada luka dalam hidup kita, Tuhan rindu memulihkan setiap kita dan kembali melayani Dia.

Mazmur 23 : 1 - 2 1 Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. 2 Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;

Yehezkiel 3 : 17 - 19 17 "Hai anak manusia, Aku telah menetapkan engkau menjadi penjaga kaum Israel. Bilamana engkau mendengarkan sesuatu firman dari pada-Ku, peringatkanlah mereka atas nama-Ku. 18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! -- dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu. 19 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu dan ia tidak berbalik dari kejahatannya dan dari hidupnya yang jahat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu.

Jika kita tahu kebenaran dan melihat orang-orang yang kita gembalakan hidup di luar kebenaran, maka kita wajib menegur, menasihati dan membuat mereka kembali kepada Tuhan supaya diselamatkan. Tapi jika kita tidak melakukan tugas kita, maka hukuman orang-orang tersebut ditanggungkan atas kita. Amin!

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

Aplikasi GBI - PRJ

close

Shortcuts

Integrity Magazine
Majalah COOL