• Pdt. M Riza Solihin
  • 18 November 2012
  • Ibadah Raya II - Pk. 09.00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 - 6230 3360 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Alur Kerajaan Allah

Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli, anak Matat, anak Lewi, anak Malkhi, anak Yanai, anak Yusuf, anak Matica, anak Amos, anak Nahum, anak Hesli, anak Nagai, anak Maat, anak Matica, anak Simei, anak Yosekh, anak Yoda, anak Yohanan, anak Resa, anak Zerubabel, anak Sealtiel, anak Neri, anak Malkhi, anak Adi, anak Kosam, anak Elmadam, anak Er, anak Yesua, anak Eliezer, anak Yorim, anak Matat, anak Lewi, anak Simeon, anak Yehuda, anak Yusuf, anak Yonam, anak Elyakim, anak Melea, anak Mina, anak Matata, anak Natan, anak Daud, anak Isai, anak Obed, anak Boas, anak Salmon, anak Nahason, anak Aminadab, anak Admin, anak Arni, anak Hezron, anak Peres, anak Yehuda, anak Yakub, anak Ishak, anak Abraham, anak Terah, anak Nahor, anak Serug, anak Rehu, anak Peleg, anak Eber, anak Salmon, anak Kenan, anak Arpakhsad, anak Sem, anak Nuh, anak Lamekh, anak Metusalah, anak Henokh, anak Yared, anak Mahalaleel, anak Kenan, anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah. (Luk. 3:23-38)

Menurut anggapan orang Yesus adalah anak yusuf sampai mengakuinya sebagai anak Allah. Dalam Injil Matius dijelaskan bagi kita tentang kelahiran Yesus,

Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham... Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. (Mat. 1:1,16).

  1. Konsep dari bawah ke atas :
  2. Ada seorang pemimpin bertanya kepada Yesus, katanya: "Guru yang baik, apa yang harus aku perbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" Jawab Yesus: "Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja. Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu." Kata orang itu: "Semuanya itu telah kuturuti sejak masa mudaku." Mendengar itu Yesus berkata kepadanya: "Masih tinggal satu hal lagi yang harus kaulakukan: juallah segala yang kaumiliki dan bagi-bagikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku." Ketika orang itu mendengar perkataan itu, ia menjadi amat sedih, sebab ia sangat kaya. Lalu Yesus memandang dia dan berkata: "Alangkah sukarnya orang yang beruang masuk ke dalam Kerajaan Allah. Sebab lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah." (Luk. 18:18-25).

    Konsep yang terjadi kepada orang kaya ini adalah konsep yang datangnya dari manusia yaitu dari bawah ke atas, untuk mendapatkan keselamatan hidup kekal dengan melakukan perbuatan yang baik tetapi orang kaya ini masih terikat kepada kekayaannya sehingga tidak bisa mengikut Tuhan. Kasih karunia datangnya bukan dari bawah keatas yaitu dari perbuatan baik kita tetapi kasih karunia keselamatan yang kekal itu datangnya dari atas yaitu dari Tuhan yang mempunyai inisiatif untuk memberikan keselamatan bagi hidup kita.

  3. Konsep dari atas ke bawah :
  4. Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu. Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya. Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek. Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ. Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita. Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: "Ia menumpang di rumah orang berdosa." Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat." Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham. Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang." (Luk. 19:1-10).

    Konsep yang terjadi kepada zakheus seorang pemungut cukai yaitu Tuhan yang memberikan kasih karunianya kepada zakheus untuk memberikan keselamatan yang kekal sebab Tuhan mencari dan menyelamatkan orang yang berdosa berdasarkan kasih karuniaNya Tuhan. Tuhan mempunyai inisiatif dan memberikan kasih karuniaNya dari atas ke bawah bagi orang yang berdosa sehingga diselamatkan.

Hiduplah dalam Alur Kerajaan Allah sebab ketika kita hidup dalam Alur Kerajaan Allah maka akan melahirkan keselamatan, kehidupan, kesetiaan, ketaatan, berkat yang berlimpah-limpah dalam kehidupan orang yang percaya. Sebab segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita bukan karena perbuatan, kekuatan, kemampuan dan kegagahan kita tetapi semuanya adalah Kasih Karunia Tuhan yang datangNya dari atas yaitu dari Kerajaan Allah. Itulah yang membuat hidup kita menjadi berarti, menjadi bernilai dan menjadikan kita berharga dan layak untuk menikmati kasih karunia Allah… Amin

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"