• Suplement Cool CK7
  • 09 April 2013
  • COOL CK 7 - Pk. 19.00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 - 6230 3360 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Makna Paskah Bagi GerejaNya

Paskah berasal dari kata bahasa Ibrani Pesakh, yang artinya harafiahnya adalah lewat atau Tuhan lewat. (Kej. 3:8; Kel. 12: 13b). Makna Paskah dalam Perjanjian Lama (PL) bisa dibaca kejadiannya pada Kel. 12: 12-13, yaitu pada peristiwa kematian semua anak sulung di tanah Mesir, baik manusia mau pun binatang. Disitu Allah berjalan melewati (=pesakh) rumah-rumah, dan pada setiap pintu yang bertanda darah, Allah akan melewatkannya, tetapi tidak demikian pada rumah-rumah yang pintunya tidak bertandakan darah, disitu akan terjadi tulah kemusnahan. Sedangkan pengertian Paskah dalam Perjanjian Baru (PB) ada 2. Pertama arti harafiah yaitu Kristus bangkit (Mat. 28:5-6). Kedua, arti rohaniah, yaitu di dalam Yoh. 1:29 : "Anak Domba Allah" (yang kelak akan dikorbankan utnuk menghapus dosa dunia); dan di dalam Mat. 26:2 : "Anak Manusia akan dikorbankan." Dengan demikian, arti rohaniah Paskah adalah kurban untuk menebus dosa. (Rm. 6:23).

Makna Paskah bagi Gereja Tuhan, kita ada gereja Tuhan, yang harus di pahami oleh setiap kita, bahwa paskah bukan sekedar perayaan, tetapi mengandung makna yang lebih dalam bagi kehidupan kita, sebagai berikut:

  1. Yesus telah mati untuk kita (1 Yoh 3:16)
  2. Makna bagi hidup kita bahwa Yesus telah mati untuk kita, makanya dalam menginjil kita tidak menyayangkan nyawa kita, yang mengalahkan iblis adalah darah anak Domba dan kesaksian kita

  3. Yesus mengalahkan ketakutan (Mat. 26: 38-39)
  4. Ketakutan akan dialami siapa saja termasuk Tuhan Yesus mengalami ketakutan ketika di taman Getsemany untuk menghadapi penderitaan dan kesengsaraan yang teramat hebat. Mengalahkan ketakutan Tuhan Yesus menyerahkan semuanya kepada kehendak Bapa. Apapun hari-hari ini yang hadapi jangan takut, Tuhan Yesus sudah mengalahkan ketakutan. Ingat! Allah turut bekerja dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan. (Rm. 8: 28)

  5. Yesus mengasihi musuh-Nya
  6. Sehebat apapun hujatan orang-orang kepada Yesus, Ia meninggalkan dan memberikan teladan yang baik dengan tidak membalas orang yang berbuat jahat, tetapi mengasihi, mendoakan, memberkati kepada orang-orang yang mengutuk kita (Mat. 5: 39-45)

  7. Tangan dan kaki Yesus dipaku di kayu salib
  8. Jika tangan dan kaki Yesus dipaku di kayu salib, maka tangan dan kaki kita wajib dipaku agar tidak melakukan hal-hal yang mendukakan Roh Kudus. Kaki dan tangan kita dipergunakan untuk mempermuliakan Tuhan, bukan untuk bebuat dosa.

  9. Ditinggalkan oleh Bapa
  10. Penderitaan, hujatan, fitnahan datang menghujani Yesus ketika mau sampai pada salib. Penderitaan yang dialami Tuhan Yesus tidak sebatas jasmani yang kelihatan, melainkan penderitaan total, jasmani, jiwani dan rohani. Penderitaan jasmani dan jiwani tidak sebanding dengan penderitaan rohaninya, yaitu ketika Allah Bapa meninggalkan DIA, dan berteriak

    "Eloi, Eloi, lama sabaktani?" yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? (Markus 15:34)

    Penderitaan terberat Yesus adalah ketika ditinggalkan Bapa, hal terindah yang bisa kita pelajari adalah biarlah kita senantiasa dalam hadirat Tuhan, menerima pengurapan Tuhan dan hidup dipenuhi oleh Roh Kudus (Hadirat-Pengurapan-Bahasa Roh).

  11. Yesus bangkit!
  12. Yesus mati – dikubur – bangkit pada hari ketiga. Kalau Yesus bangkit, kita juga dibangkitkan. Pertahankan kehidupan yang berkenan kepada Bapa supaya kita bertemu dengan Yesus di surga. Seperti 5 gadis yang bijaksana menantikan kedatangan mempelai. Sepuluhnya gadis yang percaya kepada Tuhan, tapi hanya 5 yang berjaga-jaga. Kita harus melatih tubuh.

  13. Kubur kosong
  14. Mujizat terjadi ketika kubur dimana Yesus dibaringkan dalam keadaan kosong. Ini mujizat besar! Kita juga akan mengalami mujizat bila beriman sungguh-sungguh kepada Yesus. MUJIZAT MASIH ADA. Kebangkitan Yesus berusaha ditutup-tutpi oleh iblis dengan berbagai cara. Karena kebangkitan Yesus merupakan pukulan telak bagi iblis. Oleh sebab itu iblis sangat ketakutan, ia berusaha menutupi kebangkitan Yesus. Sebagai murid Tuhan Yesus, jangan termakan tipu daya iblis! Jangan mau jadi bulan-bulanan iblis! Justru kita buat iblis jadi bulan-bulanan!

PENERAPAN:

Gembala Cool share dan bagikan makna Paskah bagi kehidupan setiap anggota Cool yang ada, supaya setiap anggota yang digembalakan mengerti arti penting paskah bagi kehidupan secara pribadi, karena melalui paskah kita menjadi orang-orang yang menang bahkan lebih dari pemenang! Amin.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

49 50 51 52 53 54 55 56
  • 03 Agust 2014, IR1 - IR5
  • Pdm. DR. Janto Simkoputera, MD PhD
  • 10 Agust 2014, IR1
  • Ev. DR. Inge Handoko STh
  • 10 Agust 2014, IR2 - IR5
  • Pdt. Rubin Ong
  • 17 Agust 2014, IR1 - IR3
  • Pdt. Jeffrey Rahmat
  • 17 Agust 2014, IR5
  • Pdt. M Riza Solihin
  • 24 Agust 2014, IR1 - IR5
  • Ps. Edward Supit
  • 31 Agust 2014, IR1 - IR3
  • Pdt. Petra Fanggidae, M. Div
  • 31 Agust 2014, IR5
  • Ps. Indri Gautama

Aplikasi GBI - PRJ

close