• Pdp. Charlie Jeremiah
  • 05 Oktober 2014
  • 2PM - Pk. 14.00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

No Fear (Jangan Takut)

Manusia sehebat apapun pasti pernah merasakan ketakutan, sekalipun dalam menghadapi kematian. Ketakutan adalah emosi atau pikiran yang tidak menyenangkan. ini adalah perasaan yang kita dapatkan ketika kita khawatir bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Ketakutan adalah hal yang manusiawi.

Reaksi fisik seseorang yang ketakutan:

  • Ada lonjakan kekuatan yang masuk ke dalam otot sehingga membuat seseorang bernafas lebih cepat dan zat kimia yang bernama adrenalin akan memompa masuk ke dalam aliran darah.
  • Jika ketakutan yang dirasakan orang tersebut cukup besar, maka sentakan dari senyawa kimia bisa langsung menuju jantung dan menyebabkan seseorang meninggal saat itu juga.

"Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban." (2 Timotius 1:7).

Ketakutan memang adalah hal yang manusiawi, namun ketakutan bukan datang dari Allah. Takut akan Tuhan adalah berbeda dengan ketakutan manusiawi tersebut.

Apa penyebab ketakutan?

Sesuatu yang tidak kita harapkan dan tidak kita ketahui di masa yang akan datang. Contohnya adalah pertanyaan dalam pikiran "bagaimana kalau…?"

"Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku." (Ayub 3:25).

Segala sesuatu yang datang dari Tuhan pasti membawa damai sejahtera.

Mana yang Anda percaya?

Ketakutan adalah lawan dari iman. Ketakutan selalu negatif dan merupakan kekuatiran dalam hidup; namun iman selalu positif dan berisikan firman Tuhan. Iman terjadi karena kita percaya kepada Tuhan, dan ketakutan terjadi karena kita percaya kepada sesuatu yang buruk, jelek, bahkan kepada setan. Dengan iman, meskipun kita tahu ada sesuatu yang jahat mau menghalangi, kita lawan dengan kuasa Darah Yesus; bahwa di dalam nama Tuhan Yesus, Bapa sorgawi memberikan perlindungan penuh atas hidup kita.

Bagaimana kita mendapatkan iman itu?

"Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus." (Roma 10:17)

Berita tidak akan membangkitkan iman, karena dunia sekarang berisikan kabar-kabar goncangan dan tidak satu pun yang membangkitkan iman. Hanya firman Tuhan yang dapat membangkitkan iman, sekalipun keadaan dunia sangat menggoncang sekalipun.

Jangan sampai kita mati ketakutan! Semakin banyak informasi yang kita terima, justru semakin membuat manusia hidup dalam ketakutan dan tidak ada damai sejahtera dalam hidupnya. Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa karena menerima terlalu banyak informasi dari si jahat, sehingga termanipulasi dan mengambil langkah yang salah dan fatal untuk memakan buah pengetahuan yang baik dan jahat.

Mana yang terisi lebih penuh, apakah ketakutan atau iman Anda? Terlalu banyak membaca firman Tuhan dan tidak merenungkannya, adalah sama dengan kekosongan belaka. Membaca firman Tuhan dan merenungkan firman itu siang dan malam, maka iman terisi penuh setiap hari.

Ketakutan dapat merubah seseorang:

  • Takut miskin = mencuri, menipu, merampok.
  • Takut ditolak = narkoba.
  • Takut ditinggalkan = seks bebas, aborsi.
  • Hellenisme = pesta pora, sosialita.

Jangan pernah takut, karena kita berharga di mata Tuhan. Ada 365 kata "Jangan takut" di dalam Alkitab; dan dalam 1 tahun = 365 hari. Artinya, Tuhan mau katakan kepada kita setiap hari untuk "Jangan takut!"

"janganlah takut, Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan." (Yesaya 41:10).

"Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: "Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau." (Yesaya 41:13).

Serahkanlah semua ketakutan kita kepada Tuhan!

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"