• Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo
  • 08 Maret 2015
  • Ibadah Raya III - Pk. 11.15 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

2015 : The Year Of Multiplication Of Miracle

"Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu." (Maz. 32:8)

Bagaimana supaya kita mengerti pengajaran, nasehat, tuntunan yang datangnya dari Tuhan, maka mata kita harus tertuju kepada TUHAN. Hati yang percaya kepada Tuhan Yesus adalah syarat mutlak untuk mendapatkan semuanya itu. Visi tuntunan Tuhan buat gereja kita adalah bahwa Tahun 2015 adalah Tahun pelipatgandaan mujizat. Apa yang dimaksud dengan peliaptgandaan, adalah sesuai dengan dasar Firman Tuhan sebagai dasar kebenaran yaitu : Bahwa Tuhan Yesus bisa lebih jauh melakukan leb ih banyak dar yang kita doakan dan pikirkan.

"Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,"(Efs. 3:20). "Dan Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di atas, di langit dan tanda-tanda di bawah, di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari Tuhan, hari yang besar dan mulia itu. Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan." (Kis. Rasul 2:20-21)

Kisah Rasul 2:20, dalam Ayat tersebut diatas mempunyai 2 pengertian yaitu :

  1. Bahwa mujizat akan terjadi seperti yang Tuhan Yesus lakukan ketika hidup, dan mujizat yang seperti itu saat ini ada dan masih ada, dan terjadi serta dialami oleh banyak orang. Bagi orang yang bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus akan di selamatkan.
  2. Terjadi pelipatgandaan goncangan. Artinya bahwa goncangan akan terjadi tetapi kita tetap disertai Tuhan.
  3. Pelipatgandaan goncangan akan terjadi di hari ke depan

Apa yang akan kita lakukan 5775 yaitu Tahun Ayin Hey, adalah tahun istimewa yaitu tahun double Sabbath, artinya bahwa orang Israel saat masuk tanah perjanjian, bahwa Tuhan memberi peraturan dan hukuman, bahwa ada siklus 7 tahun, yaitu pada tahun ke 7 adalah tahun Sabbath, dan saat tahun Sabbath mereka tidak boleh bekerja dan tanahnya tidak boleh ditanami, pasti timbul pertanyaan lalu apa yang akan kita makan tahun itu, jika orang Israel taat maka pada tahun ke 6 Tuhan mengadakan mujizat, yaitu hasil panen pada tahun ke 6 adalah mendapat hasil sebanyak 3x lipat. Masuk dalam tahun Sabbath hanya beristirahat dalam hadirat Tuhan dan hanya berharap hanya kepada Tuhan. Untuk menghadapi pelipatgandaan goncangan hanya kuncinya banyak berisitirahat dalam hadirat Tuhan dan memikirkan perkara-perkara yang di atas, seperti dalam Firman Tuhan sebagai berikut;

"Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi." (Kol. 3:1-2).

Melalui angka tahun 60, maka kita dipersiapkan untuk masuk tahun Sabbath, karena ketika kita banyak istirahat dalam hadirat Tuhan dan hanya berharap kepada Tuhan, maka kita akan banyak mengalami mujizat. Yususf menjadi orang kedua di Mesir, jadi yang melakukan segala sesuatu di Mesir adalah Yusuf, saat itu mengalami 7 tahun kelimpahan dan 7 tahun kelaparan, ketika saat itu kelaparan terjadi diseluruh dunia, hanya Mesi yang memiliki gandum. Kelaparan terjadi di tanah Kanaan, termasuk keluarga Yakub dan anak anaknya, ketika mereka pergi ke Mesir untuk mencari gandum maka bertemu dengan Yusuf yang dahulu di jual ke potifar, Yusuf dipakai Tuhan untuk memproses suadara-saudaranya, dan dianggap sebagai pengintai sehingga mereka di masukkan dalam penjara, ketika mendengar pembicaraan suadaranya maka . Ketika tahu bahwa itu saudara-saudaranya maka Yakub pindah ke Mesir dan diberi tanah Gosyen, ketika kutuk menimpa Mesir, maka hanya tanah Gosyen tidak mengalami kutuk. Jumlah orang Israel yang dipindahkan Tuhan ke Mesir adalah 66 orang. Rahasia keluarga Yakub menempati tanah Gosyen yang enak karena mereka telah mengalami kemenangan demi kemenangan dalam setiap pergumulannya. Orang percaya disebut sebagai Israel Rohani. Bagaimana Yakub dipindahkan dari keadaan yang tidak baik menjadi baik, harus melalui proses dimana Tuhan sendiri yang melakukan. Tidak semua orang yang mengerti ketika kita mengalami hal-hal yang tidak enak, bahwa sesungguhnya Tuhan sedang memberikan pengajaran, bahwa hukum tabur tuai itu pasti terjadi, Yusuf sadar dan mengerti bahwa Tuhan bekerja melalui kehidupannya buat seluruh keluarganya yaitu orang tua dan saudara-saudaranya. Percayalah apa yang pernah kita lakukan dahulu, ketika kita sadar dan mengakui bahwa kita telah melakukan kesalahan dan minta pengampunan maka kita akan mengalami mujizat dari keadaan tidak baik menjadi baik seperti Israel yang berjumlah 66 di ubahkan Tuhan. Angka 66 juga menunjukkan bahwa Alkitab juga terdiri dari 66 kitab . Sadar dan berjanji bahwa Tuhan menuntun kita melalui Firman Allah yang hidup, dan melalui pembacaan Alkitab setiap hari itu akan menjadi komitmen, maka Tuhan akan membukakan segala perintah dan petunjuk Tuhan. Ada 2 kitab dalam Alkitab yaitu Kitab Mazmur yaitu pada pasal 66 terdiri dari 66 ayat dan juga Kitab Yesaya terdiri dari 66 pasal.

"Beginilah firman TUHAN: Langit adalah takhta-Ku dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku; rumah apakah yang akan kamu dirikan bagi-Ku, dan tempat apakah yang akan menjadi perhentian-Ku? Bukankah tangan-Ku yang membuat semuanya ini, sehingga semuanya ini terjadi? demikianlah firman TUHAN. Tetapi kepada orang inilah Aku memandang: kepada orang yang tertindas dan patah semangatnya dan yang gentar kepada firman-Ku." (Yes. 66:1-2)

Tuhan memegang orang yang : rendah hati/hamble, yang hancur hati dan gentar kepada FirmanNya. Percayalah bahwa pada suatu hari Tuhan pasti menolong kita, karena itu tidak ada alasannya kalau kita tidak bisa mengucap syukur. Juga baca Mazmur 91, sebagai orang-orang yang melekat dan takut sama Tuhan maka perlindungan dan pemeliharaan Tuhan itu sempurna. Hiduplah dalam anugerah dan kasih Tuhan, maka hanya perlindungan Tuhan yang sempurna terjadi dalam hidup kita, Amin

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"