• Pdt. Johan Lumoindong
  • 18 November 2015
  • Kebaktian Tengah Minggu - Pk. 19.00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Firman Tuhan Adalah Standart Hidup Orang Percaya

"Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu." (Hos 4:6)
"Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya," (Fil 3:10)

Alkitab mengatakan bahwa setiap umat Tuhan dapat mengalami kebinasaan jika kita tidak mengenal Allah dengan baik dan benar. Jika kita berada dalam kondisi tidak mengenal Allah maka kita digambarkan seperti orang yang sedang berada ditepi jurang, siap untuk terjun kedasar jurang dan mengalami kematian yang sia-sia. Pengetahuan dunia hanya berlaku dimuka bumi selama kita masih tinggal dibumi, tapi mengenal Allah yang benar berdampak bagi kehidupan yang akan datang. Jangan sampai kita ditolak oleh Allah karena kita melupakan segala pengajaran yang telah kita terima. Pengetahuan yang benar tentang Allah akan membuat kita mampu menangkal berbagai ajaran-ajaran yang mencoba untuk mengoyahkan iman anak-anak Tuhan untuk menarik kita kepada kesesatan.

Firman Tuhan adalah Roh yang menjadi daging. Tuhan telah memberi kepada kita surat tertulis sebagai isi hati Tuhan kepada umatNya yang dapat kita baca setiap saat dan memberikan tuntunan kehidupan. Firman Tuhan berguna bagi kita untuk mencapai kepada kekekalan. Bagaimana agar kita mengerti tentang Firman Tuhan? Dua cara agar kita dapat mengerti Firman Tuhan.

"Sebab Ezra telah bertekad untuk meneliti Taurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel." (Ezr 7:10)
  1. Meneliti Firman Tuhan
  2. Untuk mengetahui apa saja yang menjadi standart kehidupan kita sesuai dengan Firman Tuhan maka kita harus meneliti dengan cermat setiap ayat dalam Firman Tuhan, jangan terlalu tergesa-gesa dalam membaca Firman Tuhan agar kita dapat menghayati setiap kata dan kalimat yang tertulis. Hendaknya pembacaan kita penuh perenungan dan penghayatan agar kita memperoleh hikmat Tuhan dalam pembacaan kitab suci.

  3. Melakukan Firman Tuhan
  4. Ketika kita telah merenungi setiap Firman dan melekat dalam hati maka langkah selanjutnya adalah melakukan setiap perenungan yang telah kita pelajari dalam perenungan kita. Lakukan kebenaran Firman Tuhan sesuai dengan tuntunan Tuhan maka hidup kita dapat menjadi saksi bagi banyak orang dan kita mampu mengajarkannya kepada orang lain untuk menguatkan mereka.

Apa yang kita dapat dari pembacaan Firman Tuhan:

  1. Firman Tuhan Menjamin Keselamatan
  2. "Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku." (Mzm 119:105)

    Firman Tuhan menuliskan Karya keselamatan Allah yang luar biasa yang dikerjakan oleh Tuhan Yesus di kayu salib, oleh karena itu, untuk mengenal karya keselamatan Allah kita harus rajin membaca Firman Tuhan. Firman Tuhan adalah pelita bagi kaki kita dan terang bagi jalan kita, jalan keselamatan hanya ada dalam Tuhan Yesus. Kenalilah Allah yang benar melalui Firman Tuhan maka Ia akan menuntun kita kepada jalan Keselamatan.

  3. Firman Tuhan Memberikan Hikmat
  4. "Maka engkau, hai Ezra, angkatlah pemimpin-pemimpin dan hakim-hakim sesuai dengan hikmat Allahmu yang menjadi peganganmu, supaya mereka menghakimi seluruh rakyat yang diam di daerah seberang sungai Efrat, yakni semua orang yang mengetahui hukum Allahmu; dan orang yang belum mengetahuinya haruslah kauajar." (Ezr 7:25)

    Orang yang bergaul karib dengan Firman Tuhan pasti memiliki hikmat Surga, yaitu hikmat yang kita dapat dari Tuhan yang diilhamkan oleh pembacaan Firman Tuhan. Firman Tuhan akan memberikan pencerahan rohani bagaimana menyelesaikan setiap masalah yang kita hadapi. Orang yang bergaul karib dengan Firman Tuhan memiliki ketenangan atau kedamaian hati yang memampukan ia bertahan dalam badai hidup karena ia percaya Firman Tuhan berkata bahwa Allah yang tidak akan meninggalkannya berjalan seorang diri. Hidup kita penuh dengan tantangan yang harus kita hadapi, oleh karena itu kita butuh Hikmat Tuhan untuk terus berjalan dalam kebenaran sekalipun dalam masa kesukaran.

  5. Firman Tuhan Kunci Keberhasilan
  6. "tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil." (Mzm 1:2-3)

    Orang yang menyukai dan merenungkan Firman Tuhan pasti hidupnya diberkati oleh Tuhan. Jika Firman Tuhan ada dalam mulut dan hati kita maka kita akan terus memperkatakan dan melakukan Firman Tuhan dan Firman Tuhan itu akan nyata terjadi dalam hidup kita.

  7. Firman Tuhan Mempersatukan
  8. "Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Kis. 2:45-46
    dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati." (Kis 2:42,45-46)

    Jika kita bergaul karib dengan Firman Tuhan maka akan ada kesatuan karena Firmna Tuhan menyatukan setiap umatNya dalam kasih, kerendahan hati, pengampunan dan persekutuan.

Kita akan beroleh hidup jika kita mengenal Allah yang benar, mengenal Allah melalui Roh yang telah menjadi daging yaitu Firman Tuhan. Firman Tuhan akan menuntun hidup kita kepada keselamatan yaitu kehidupan yang kekal. Orang yang bergaul karib dengan Allah akan memperoleh keselamatan, Hikmat, berkat dan kesatuan hidup dengan sesama. Jadikan Firman Tuhan sebagai standart hidup kita karena banyak berkat yang Tuhan sediakan bagi kita, tidak hanya dibumi tapi juga menjamin keselamatan kita yaitu hidup yang kekal dimasa mendatang. Jadilkanlah Firmna Tuhan sebagai gaya hidup dan standart hidup kita. Amin…

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"