• Pdp. Charlie Jeremiah
  • 03 Januari 2016
  • 2PM - Pk. 14.00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Bersorak-Sorailah Menghadapi 2016

Memasuki tahun baru 2016, kita harus mengerti bahwa melalui firman Tuhan maka kita akan beroleh tuntunan yang jelas dari Tuhan untuk menjalani sepanjang tahun yang baru ini. Untuk tahun 2016 ini, gereja kita menerima visi dari Tuhan yaitu "Tahun Pembebasan Seutuhnya."

"Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi." (Yesaya 54:2-3).

Tuhan sangat jelas menginginkan kita dapat mengembang, menjadi lebih luar biasa lagi hidup di dalam-Nya, dan menikmati berkat-Nya lebih lagi berlimpah-limpah. Selama kita masih hidup, masalah pasti selalu ada; namun Tuhan mau melalui tuntunan-Nya, kita memaksimalkan hidup kita.

"Bersorak-sorailah, hai si mandul yang tidak pernah melahirkan! Bergembiralah dengan sorak-sorai dan memekiklah, hai engkau yang tidak pernah menderita sakit bersalin! Sebab yang ditinggalkan suaminya akan mempunyai lebih banyak anak dari pada yang bersuami, firman TUHAN." (Yesaya 54:1).

Bersyukur karena berkat adalah hal yang mudah, namun bersorak-sorai ketika gagal dan tidak mendapatkan hasil adalah hal yang firman Tuhan suruh untuk kita lakukan karena disitulah kita akan melihat pertolongan Tuhan nyata atas hidup kita. Sesungguhnya, Tuhan sangat mampu untuk membuat orang yang "mandul" bisa menghasilkan jauh lebih banyak daripada orang yang "subur." Ucapan syukur bukan hanya berupa nyanyian, namun juga berbicara mengenai sikap hati.

Mengapa kita harus bersorak-sorai?

  1. Kita lahir ke dunia ini tidak membawa apa-apa.
  2. Saat kita meninggalkan dunia ini pun tidak akan membawa apa-apa.

Artinya SEMUA yang kita miliki di dunia ini adalah milik Tuhan, datangnya dari Tuhan, dan hanya untuk memuliakan Tuhan saja. Bersorak-sorai berbicara mengenai isi hati; bagaimana isi hati kita terhadap Tuhan, maukah Anda tetap percaya bahwa Tuhan itu terlalu dahsyat dan ajaib untuk merubah hidupmu?

Mazmur 23:1-3 berbicara mengenai Tuhan adalah gembala kita, melalui nats ini pun banyak pelajaran yang Tuhan sampaikan untuk setiap kita dalam menghadapi tahun yang baru. Percayalah kepada Tuhan, karena Dia adalah Bapa kita, maka kita tidak akan kekurangan. Mentalitas kita sebagai orang percaya harus seperti seorang anak yang percaya bahwa Bapa kita adalah pemilik segala sesuatu dalam dunia ini dan paham bahwa Ia akan selalu mencukupkan kita. Daripada kita mencari berkat, alangkah baiknya kita mencari yang empunya berkat tersebut. Dia memenuhi segala kebutuhan kita; ketahuilah bahwa dunia ini diciptakan oleh Tuhan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup kita. Dia memenuhi segala kebutuhan kita, bukan keinginan kita; karena keinginan kita terus berubah, hanya memenuhi kedagingan kita, dan jauh dari Tuhan. Jiwa harus disegarkan oleh Tuhan; dalam jiwa banyak terkandung keputusan yang akan menggerakan tubuh untuk bergerak, dan jiwa harus diajar oleh roh yang sudah terhubung dengan Tuhan, sehingga setiap keputusan yang diambil adalah benar dan sesuai dengan rencana Tuhan. Jiwa kita disegarkan oleh Tuhan untuk tetap kuat ketika menghadapi setiap masalah yang datang. Apapun yang terjadi, tetap ikut Yesus!

Nama Tuhan adalah garansi atau jaminan dalam hidup kita. Dia membuat kebesaran nama-Nya sendiri menjadi sebuah garansi bahwa hidup kita tidak akan pernah ditinggalkan oleh-Nya; keberhasilan-Nya adalah keberhasilan hidup kita. Namun semua keputusan ada di tangan kita, apakah mau tinggal dalam Dia atau tidak. Firman-Nya tidak akan pernah salah, namun posisi hidup kitalah yang menentukan apakah kebenaran firman-Nya terjadi dalam hidup kita atau tidak. Hal yang dahsyat sudah tersedia bagi kita sepanjang tahun 2016 in, dan biarlah posisi hidup kita tetap berada di dalam hadirat-Nya. Selamat Tahun baru 2016.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"