• Pdp. Charlie Jeremiah
  • 25 Desember 2016
  • 2PM - Pk. 14:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

The Christmas Gift

Hari ini adalah momen Natal. Natal bukanlah cuma tentang kado, baju baru, pesta, atau segala sesuatu tentang kemewahan dunia ini, melainkan tentang Kristus Yesus. Dan Christmas is nothing without Christ (Natal akan sia-sia tanpa kehadiran Kristus). Di hari Natal ini, marilah kita sembah Dia, ucapkan syukur dan terima kasih kepada-Nya, sebab Dia baik dan kita ada sebagaimana kita ada hari ini hanya karena kebaikan-Nya.

Berbicara Natal memang orang-orang biasanya memikirkan kado atau hadiah apa yang akan didapatkan dari orang lain. Itu memang tidak salah, tetapi ada kado yang spesial untuk Natal dari Bapa di surga bagi kita. Kado Natal (The Christmas Gift) itu adalah: "Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai (Yes. 9:5)."

A Son Is Given (seorang Anak telah diberikan untuk kita)

Sebagai orangtua, pasti berat apabila ada orang yang meminta anak kita. Apalagi kalau misalnya penjahat atau pencuri yang datang meminta anak kita. Tetapi, bayangkan Bapa di surga telah terlebih dulu memberikan Anak-Nya satu-satunya bagi kita sebelum kita meminta.

The Government Will be On His Shoulders (lambang pemerintahan ada di atas bahu-Nya)

Presiden mana yang mau mengorbankan nyawanya untuk warga negaranya? Bahkan, di perpolitikan dunia, orang-orang di atas rela menginjak orang-orang yang ada di bawah. Tetapi, perpolitikan surgawi itu berbeda—yang di atas harus rela berada menjadi yang di bawah. Tuhan Yesus turun ke dunia sebagai bayi yang tak berdaya, bahkan taat kepada Bapa sampai mati. Dia merendahkan diri-Nya serendah-rendahnya sehingga Bapa mengaruniakan segala kuasa bagi-Nya.

Wonderful Counselor (Penasihat ajaib)

Wonderful (ajaib) berarti full of wonder atau penuh keajaiban. Yesus menunjukkan banyak mukjizat yang ajaib—namun menundukkan semua itu di bawah kehendak Bapa. Dan Dia menjadi Penasihat (Counselor) karena Dia tahu bahwa kita butuh teman bicara. Pertanyaannya, seberapa sering kita berbicara dan bertanya kepada Dia? Lakukanlah itu melalui doa dan saat teduh. Dia memang tahu segenap isi hati kita, tapi Dia mau supaya kita mengakuinya melalui mulut kita kepada-Nya. Datanglah kepada-Nya. Ungkapkan isi hati kita. Maka Dia akan menyatakan isi hati-Nya juga melalui firman-Nya. Seberapa sering kita datang dan mencari konseling kepada manusia daripada kepada Tuhan? Punya teman curhat memang baik, tapi lebih baik datang kepada-Nya.

Mighty God (Allah yang perkasa)

Semua masalah, goncangan, dan tantangan dalam hidup kita itu tidak ada apa-apanya dibandingkan Tuhan. Seberapa sering kita membesar-besarkan masalah kita daripada membesarkan nama Tuhan? Membesarkan masalah itu cuma butuh kekhawatiran; membesarkan nama Tuhan itu butuh membesarkan iman. Seberapa sering kita membesarkan nama Tuhan Yesus melalui puji-pujian kita kepada-Nya? Jagalah terus sukacita kita di dalam Tuhan, karena apabila pikiran kita penuh kekhawatiran, daya tahan tubuh kita akan menurun sehingga mudah sakit, stres, bahkan lama-kelamaan sampai mengalami kematian. Besarkan nama-Nya sekalipun masalah ada!

Everlasting Father (Bapa yang kekal)

Bapa memberikan apa yang Dia punya kepada kita. Mungkin banyak bapa di dunia yang mengecewakan, tapi kita punya Bapa. Bapa yang kekal. Bapa yang tidak pernah menolak kita, asalkan kita mau datang kepada-Nya. Bapa adalah Sumber kehidupan kita. Di luar Dia, kita tidak bisa berbuat apa-apa, dan tidak bisa berbuah. Sudahkah kita punya hubungan dengan Dia sebagai Sumber kita? Hanya Dia yang sanggup menolong kita. Dia rindu supaya kita datang kepada-Nya.

Prince of Peace (Raja Damai)

Rasa damai yang sejati hanya bisa didapatkan di dalam Dia. Bukan dari alkohol, orang lain, pesta pora, uang, atau lain-lainnya, mungkin bisa tapi hanya sementara, setelah itu malah akan ada tambahan masalah. Damai sejahtera yang sesungguhnya hanya bisa kita temukan di dalam Dia dan hadirat-Nya, Yesus Kristus, Tuhan.

Ingatlah, kado yang paling hebat, paling mahal, dan paling spesial untuk Natal yang diberikan bagi kita oleh Bapa di surga adalah Yesus Kristus. Dan Dia datang ke dunia bagi kita memberikan nyawa-Nya di kayu salib untuk menebus kita dari dosa.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"