• Pdp. Marcos Tampubolon, SE
  • 03 Juni 2018
  • 2PM - Pk. 14:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

CAPACITY CHALLENGE (TANTANG KAPASITASMU)

Banyak orang harus ditantang dulu supaya ada sesuatu yang keluar dari dirinya. Kita perlu menantang kapasitas kita. Apa arti kapasitas? Salah satunya adalah daya tampung dan keluaran maksimum. Setiap kita punya daya tampung & keluaran maksimum.

Banyak hal di dunia ini perlu kapasitas. Misalnya, lift. Kalau lift kelebihan kapasitas, maka akan error. Tapi kalau tidak digunakan sampai kapasitas maksimal, maka masih ada yang idle (ruang kosong, bermalas-malasan, tidak tahu apa yang dikerjakan).

"Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut KESANGGUPANNYA, lalu ia berangkat" (Mat. 25:14-15). Kesanggupan = kapasitas. Tuhan tahu kesanggupan/kapasitas kita.

Mengapa orang yang menerima satu talenta (Matius 25:14-30) memendam talentanya? Karena dia punya banyak alasan & persepsi salah. Kadang persepsi kita yang salah terhadap Tuhan membuat kita juga melakukan/memikirkan sesuatu yang salah. Karena itu, kenali Tuhanmu secara pribadi.

Tuhan mau kita maksimal karena hidup ini adalah kesempatan & kepercayaan dari Dia! Dan apa yang dipercayakan oleh Tuhan perlu ujian. Jadi, jangan jauhi ujian atau tantangan hidup, karena itu semua akan mengeluarkan apa saja potensi sebenarnya yang Bapa surgawi taruh dalam kita. NO CHALLENGE NO CHANGE. Tanpa tantangan, tidak akan ada perubahan. Apa yang kamu lakukan dengan apa yang Tuhan percayakan? Cintai perubahan—dan perbesar kapasitasmu. Ada kapasitas-kapasitas yang perlu berubah:

• FAITH CAPACITY (KAPASITAS IMAN) ? Saat berdoa dan mendapatkan apa yang sesuai didoakan itu wajar. Bagaimana kalau yang dijawab tidak sesuai yang didoakan? Terus pegang firman Tuhan. Tetap berdiri di atas kebenaran, walau tidak ada yang melihat atau mendukung. Kadang bukan Tuhan—kepada siapa doa kita tertuju—yang harus berubah, tetapi kitalah—orang yang mendoakan—yang harus berubah.

• HEART CAPACITY (KAPASITAS HATI) ? Dalam hal heart for the people & commitment. Orang-orang di luar sana perlu kita (Mat. 14:6). Komitmen itu bukan perasaan (Dan. 3:17-18).

• KNOWLEDGE CAPACITY (KAPASITAS PENGETAHUAN) ? "Tanpa pengetahuan kerajinanpun tidak baik; orang yang tergesa-gesa akan salah langkah" (Ams. 19:2).

• GIVING CAPACITY (KAPASITAS MEMBERI) ? "Dengan kerelaan sendiri mereka meminta dan mendesak kepada kami, supaya mereka juga beroleh kasih karunia untuk mengambil bagian dalam pelayanan kepada orang-orang kudus. Mereka meberikan lebih banyak daripada yang kami harapkan. Mereka memberikan diri mereka, pertama-tama kepada Allah, kemudian oleh karena kehendak Allah juga kepada kami" (2 Korintus 8:4-5). Cara kita memberi biasanya terbentuk dari cara kita menerima.

BE EXCELLENT. Jadilah luar biasa! "Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang hina" (Ams. 22:29).

Kuburkan ketakutanmu & kembangkan talentamu! Ada potensi yang besar dan benih ilahi dalam diri kita. Ada hal-hal luar biasa yang Tuhan taruh dalam hidup kita, dan Ia mau supaya kita mengeluarkannya, sehingga nantinya semua itu akan memuliakan nama-Nya.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"