• Pdm. DR. Janto Simkoputera, MD PhD
  • 10 Juni 2018
  • Ibadah Raya I & V - Pk. 07:00 & 16:30 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Finishing Well

Kita mengucap syukur kalau masih ada sampai hari ini karena hidup kita sepenuhnya ada di tangan Tuhan. Kehidupan kita di bumi hanya sementara. Di bumi kita belajar bagaimana mempersiapkan hidup di surga, karena disurga kita hanya memuji dan menyembah Tuhan. Tidak semua orang masuk surga dan Alkitab berkata hanya sedikit yang masuk ke surga.

Rasul paulus dalam waktu singkat berhasil memberitakan Injil dan menjadikan banyak orang yang percaya kepada Tuhan Yesus. Rasul Paulus memberitakan injil di Asia kecil dalam perjalanan yang ke tiga dan ia ditangkap lalu dipenjara dan di dalam penjara ia menuliskan surat kepada anak rohaninya Timotius yaitu : Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. (2 Timotius 4 : 7). Paulus mengakhiri pertandingan dengan baik, tetapi tidak semua orang kristen dan hamba Tuhan dapat mengakhiri pertandingan dengan baik

Ada tiga hamba Tuhan yang TOP pada tahun 1950 an: yaitu Charles Templeton, Bron Clifford dan Billy Graham. Untuk hadir dalam ibadah hamba Tuhan ini semua orang harus ngantri untuk hadir dalam ibadah mereka. Kedua hamba Tuhan, Charles Templeton berakhir menjadi Ateis sedangkan Clifford berakhir terikat dengan minuman alkohol. Kedua hamba Tuhan ini tidak dapat mengakhiri pertandingan dengan baik dan memelihara iman di dalam Yesus. Tetapi berbeda dengan Billy Graham, ia salah satu dari tiga hamba Tuhan yang sampai garis akhir dan memelihara iman di dalam Kristus. Dari ketiga hamba Tuhan yang besar yang dipakai Tuhan dua jatuh, dan satu dapat mememelihara iman dan mengakhiri pertandingan iman dengan baik. 

Dalam buku, “The Making of A LEADER Recognizing the Lessons and Stages of Leadership Development, HANYA 15 - 20% HAMBA TUHAN dan 80% gugur imanya YANG MASUK GARIS FINISH. BAGAIMANA DENGAN KITA ? Tujuan penggembalaan di gereja ini untuk membuat jemaat masuk sampai ke garis akhir, karena itu gereja mempunyai Tugas untuk mempersiapkan jemaat sampai kepada garis akhir.

1. PENGHALANG FINISHING WELL :

1). Masalah Keluarga

2). Masalah Seksual

3). Masalah Keuangan

Matius 6 : 21, Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. Mazmur 62 : 11b ...apabila

harta makin bertambah, janganlah hatimu melekat padanya.

4). Masalah Kesombongan

5). Masalah Plateuing

Kehidupan rohani, baik hamba Tuhan dan seluruh orang kristen dicobai oleh Iblis agar kita jatuh yaitu melalui : Keluarga, Seksual, Keuangan, Kesombongan dan Plateuing (gereja mengalami merosot) akhirnya tidak sampai ke garis akhir. Oleh sebab itu mari kita instropeksi diri dan melihat apakah penghalang-penghalan dosa itu ada di dalam diri kita.

Imamat 6 : 12, Api yang di atas mezbah itu harus dijaga supaya terus menyala, jangan dibiarkan padam. Tiap-tiap pagi imam harus menaruh kayu di atas mezbah, mengatur korban bakaran di atasnya dan membakar segala lemak korban keselamatan di sana. Wahyu 5 : 8, Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan satu cawan emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus.        

ADA TIGA LANGKAH AGAR FINISHING WELL

1. CONSTANT RENEWAL, Pembaharuan terus menerus -> Supaya tetap intim dengan Tuhan Doa Fajar dan Menara Doa

1 Korintus 9 : 27, Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak. Roma 12 : 2 , Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

2. DISIPLIN DIRI -> PALING SUSAH (doa, puasa, pelaku firman, dll)

3. MEMILIKI BANYAK MENTOR ROHANI -> BERANI MENEGUR KITA (bahaya: Penginjil, Hamba Tuhan yang tidak ada covering)

Oleh sebab itu kita harus memperhatikan apa yang menjadi penghalang –penghalang untuk bisa mengakhiri pertandingan dengan baik dan kita harus mengalami perubahan terus-menerus, Melakukan disiplin diri dan memiliki Mentor Rohani sebagai covering. Amin….!

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"