• Pdm. DR. Janto Simkoputera, MD PhD
  • 10 Juni 2018
  • Ibadah Raya II - Pk. 09:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

3 Macam Keselamatan

2000 tahun lalu Tuhan Yesus turun ke bumi, dan sekarang Tuhan Yesus sudah berada di surga. Tujuan Tuhan Yesus Turun ke bumi, yaitu supaya kita diselamatkan.

TUGAS YESUS MENYELAMATKAN MANUSIA :

1. Tugas Yesus Di Bumi

Tugas Yesus menyelamatkan Manusia di bumi. (Mrk. 16:16) Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tugas kita hanya percaya bahwa kita telah diselamatkan. (Kej. 1:26-27) Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Dan jika kita percaya kita harus di babtis dengan cara yang benar. (Mat. 3:16-17)

2. Tugas Yesus Di surga 

Yesus ke surga untuk menyediakan tempat bagi kita di surga (Yoh. 14:3) Karena Tuhan Yesus ingin dimana Dia ada kita pun ada.

Ada 3 fase keselamatan : 1). Justification (Dibenarkan): Fase dimana kita percaya dan di babtis untuk dibenarkan dan diselamatkan. (Mrk. 16:16) 2). Sanctification (Pengudusan): Fase dimana kita diproses menjadi semakin serupa dan segambar dengan Tuhan Yesus. 3). Glorification (Pemuliaan): Fase dimana kita dimuliakan bersama-sama dengan Tuhan Yesus. (Yoh. 14:3)

KESELAMATAN MENURUT KRISTEN

1. KEHILANGAN KESELAMATAN 

a. Nama kita dihapus dari Kitab Kehidupan (Why. 3:1-6)

Nama kita bisa dihapus dari kitab kehidupan ketika kita kalah secara Rohani. Oleh sebab itu yakinkan nama kita tetap ada di

dalam kitab kehidupan.

b. Masih melakukan perbuatan daging. (Gal. 5:19-21)

Orang-orang yang telah diselamatkan tetapi masih melakukan perbuatan daging tidak diselamatkan.

2. HAMPIR TIDAK SELAMAT (1 Kor. 3:10-15) 

Orang-orang yang membangun dari emas, perak dan permata adalah orang-orang yang hidup melakukan sesuai kehendak Tuhan, tetapi orang-orang yang membangun kehidupannya dengan Kayu dan jerami adalah orang-orang yang tidak melakukan sesuai dengan kehendak Tuhan, dan mereka akan diselamatkan seperti dari dalam api.

3. SELAMAT SECARA SEMPURNA 

Keselamatan secara sempurna adalah keselamatan dimana kita sudah memperoleh pembenaran dan kemudian bersungguh-sungguh masuk ke dalam santification (pengudusan). Proses santification adalah proses dimana kita semakin serupa dan segampar dengan Tuhan Yesus, “Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan(2 Ptr. 1:5). Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. (2 Ptr. 1:11)

Kita harus memiliki keselamatan yang sempurna, oleh sebab itu kita harus melewati proses Sanctification (Pengudusan) terus menerus dengan cara membayar harga. Dan biarlah kita membangun kehidupan kita diatas Emas, Perak dan Permata agar kita masuk kedalam Glorification ( Pemuliaan). Amin.! 

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"