• Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo
  • 10 Juni 2018
  • Ibadah Raya III - Pk. 11:15 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

2018 TAHUN PERMULAAN YANG BARU (THE YEAR of NEW BEGINNINGS)

Tanggal 30 Maret 2018 kita merayakan Jumat Agung, yaitu kematian Tuhan Yesus. 01 April 2018 kita merayakan Paskah (Kebangkitan Tuhan Yesus), 10 Mei 2018 kita merayakan Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga. 20 Mei 2018 kita merayakan Pentakosta (Pencurahan Roh Kudus). Yesus mati karena dosa-dosa kita dan dikuburkan tetapi pada hari ketiga Dia bangkit. Selama 40 hari Tuhan Yesus berulang-ulang menampakkan diri kepada lebih dari 500 murid-muridnya untuk membuktikan bahwa Dia hidup. Apa yang dilakukan Tuhan Yesus di Surga :

I. Menyediakan Tempat bagi kita

"Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. (Yohanes 14:1-3)

Sebelum Ia naik ke surga Ia berpesan agar kita jangan gelisah. Selama kita hidup kita merasakan kesukaran dan penderitaan. Tetapi Tuhan Yesus berkata supaya jangan gelisah tetapi tetap percaya kepada Tuhan Yesus. Jangan menggantikan kehidupan sementara di dunia dengan kehidupan yang kekal.

II. Tuhan menjadi pengantara atau pendoa syafaat bagi kita Supaya selama sempurna

Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.(Ibrani 7:25) Bagi orang kristen ada 3 keselamatan :

1. Kehilangan keselamatan (Matius 7:21-22)

Apakah orang Kristen bisa kehilangan keselamatan? Jawabanya : “Ya”

1). Matius 7 : 21 - 23. Pembuat kejahatan adalah mereka yang tidak mau hidup dalam hukum dan ketetapan Allah. 2). Yang hidupnya menyimpang ke kanan dan ke kiri 3). Ibrani 6 : 6 (mereka yang murtad); Ibrani 10 : 26 - 29 (sengaja berbuat dosa) 4). Galatia 5 : 19 - 21 (hidup menurut perbuatan daging) 5). Wahyu 3 : 1 - 6 (namanya dihapus dari kitab kehidupan. Kalau kita menang nama kita tidak dihapus dari kitab kehidupan)

2. Hampir-hampir diselamatkan (1 Korintus 3:10)

Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya.(1 Kor. 3:10) kita membangun kehidupan dengan dasar apa? Emas, perak, batu permata; atau di atas kayu, rumput kering atau jerami? Suatu saat akan diuji. Selamat sih selamat, tapi seperti keluar dari dalam api. Di surga ada tingkat-tingkatan (Matius 5 : 19; 11 : 11)

3. Diselamatkan sempurna Tuhan Yesus mau kita selamat sempurna (2 Petrus 1 : 5 : 11). 

Memiliki hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal. Kita harus berusaha sungguh-sungguh menambahkan kepada iman kebajikan, kepada pengetahuan Firman Tuhan, kepada penguaaan diri, kepada ketekunan, kepada kesalehan, kepada kasih akan saudara seiman, dan kepada kasih akan semua orang. (Roma 5:3)

III. Tuhan Yesus mengutus Roh Kudus

Mengutus Roh Kudus (Yohanes 16 : 7; Kisah Para Rasul 1 : 8). Pesan terakhir kepada para murid supaya menjadi saksi di Yerusalem (Keluarga), Yudea (saudara seiman); Samaria (saudara tidak seiman) dan sampai ujung bumi. Lalu Yesus naik ke surga disaksikan murid-muridNya. Yesus yang terangkat ke surga akan datang kembali. Yang melihat Yesus naik ke surga adalah murid-murid-Nya; yang akan melihat Dia turun juga murid-murid-Nya. Siapa yang disebut murid-murid Yesus? Yang hidup sama seperti Kristus telah hidup. Mengalami santifikasi (pengudusan) yang akan diangkat.

IV. Roh Kudus Dicurahkan (Pentakosta)

Lalu Yesus naik ke surga disaksikan murid-muridNya. Yesus yang terangkat ke surga akan datang kembali. Yang melihat Yesus naik ke surga adalah murid-murid-Nya; yang akan melihat Dia turun juga murid-murid-Nya.

Siapa yang disebut murid-murid Yesus? Yang hidup sama seperti Kristus telah hidup. Mengalami santifikasi (pengudusan) yang akan diangkat. Apa yang dilakukan para murid setelah Yesus naik ke surga? 120 murid di kamar loteng Yerusalem berdoa, memuji dan menyembah Tuhan dalam unity siang dan malam. Inilah Restorasi Pondok Daud. Inilah prinsip Menara Doa. Ini adalah DNA gereja kita. 10 hari setelah itu Roh Kudu dicurahkan dan murid-murid berkata-kata dengan bahasa lain (bahasa roh). Mereka semua dipenuhi dengan Roh Kudus. Tanda-tanda dipenuhi Roh Kudus : Petrus berkhotbah sekita 4 menit, 3.000 orang bertobat. Murid-murid dipakai Tuhan dengan luar biasa. Cara hidup jemaat berubah – suka baca Alkitab. 

• Pentakosta I :

Terjadi di Yerusalem, dampaknya 70% penduduk wilayah kekaisaran Romawi menjadi Kristen.

• Pentakosta II :

Terjadi di Asuza Street tahun 1906 dipelopori oleh William Saymor, dampaknya 30% penduduk dunia menjadi Kristen, 70% nya dimenangkan sejak awal abad 20.

• Pentakosta III :

Sedang terjadi sekarang ini. Roh Kudus akan dicurahkan double portion sehinga terjadi penuaian jiwa terbesar dan terakhir sebelum Yesus datang untuk kali kedua.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"