• Marsya Manopo
  • 10 Juni 2018
  • 2PM - Pk. 14:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

MAX OUT YOUR CAPACITY (MEMPERBESAR KAPASITAS SAMPAI MAKSIMAL)

Kalau kita meniup balon sampai melebihi kapasitas maksimalnya, pasti meledak. Tetapi, tidak demikian dengan Tuhan. Tuhan tahu jika anak-anaknya memperbesar kapasitas mereka, tidak akan pecah. Tapi, maukah kamu dipakai Tuhan sampai dengan maksimal? Maksimal bukan hanya di gereja, melainkan juga di pekerjaan, pendidikan, dan lain-lain.

Banyak orang tidak tahu kapasitas mereka. Padahal Tuhan menetapkan kita untuk melakukan hal-hal yang baik. Dulu saya ranking belakang terus, tapi karena saya mau max out (memperbesar kapasitas sampai maksimal), saya mulai dapat ranking depan. Mengapa kita perlu max out? Karena setiap musim dalam hidup kita itu cepat berubah! Tuhan membawa kita untuk mempersiapkan kita di masa depan sehingga kita menjadi kompeten di sana. Kita harus expand kapasitas kita supaya bisa fit dalam setiap musim yang ada. Kalau kita tidak berusaha mengembangkan kapasitas, kita akan hidup dalam cycle of life (arus kehidupan) atau kehidupan yang gitu-gitu saja/rutinitas, terbawa dan terhanyut arus kehidupan. 

Bergantunglah pada Tuhan dalam setiap musim di hidup kita karena Allah turut bekerja (Rm. 8:28). Begitu juga dengan Yusuf di setiap musim hidupnya. Yusuf selalu berusaha max out. Steven Furtick berkata, "Bagaimana kita tahu kapasitas kita kalau kita tidak pernah mencoba?"

Untuk keluar dari cycle of life, kamu harus max out kapasitasmu. Karena Tuhan bukan ciptakan kita biasa-biasa saja! Kita didesain oleh Tuhan untuk melakukan sesuatu yang luar biasa, perkara yang besar! Di kantor, di sekolah, di manapun Tuhan tempatkan kamu. Jadi, jangan merasa nyaman-nyaman saja. Dia memberikan mimpi & potensi yang besar, tapi hanya akan sia-sia kalau kita tidak memaksimalkan kapasitas. 

"Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita" (Ef. 3:20). Di dalam kita, Tuhan sudah memberikan bakat, potensi, & kemampuan yang luar biasa agar kita berhasil di manapun. Brand-brand terkenal di dunia (Apple, Samsung) pun pasti menghasilkan produk-produk yang menjawab kebutuhan banyak orang. Engkau pun adalah buatan Allah, karena itu Allah tidak ingin menciptakan sesuatu yang biasa-biasa saja dari hidupmu.

Berusahalah sekuat tenaga untuk strecth out your potential (mengembangkan potensi). Butuh proses untuk sampai pada kapasitas maksimal. Jalani setiap proses yang ada. Seperti Daud yang mau setia pada proses. Daud memiliki kapasitas sebagai seorang raja dari awal, tetapi dia setia pada proses sebagai gembala domba sampai benar-benar jadi raja. Tuhan benar-benar mampu menarik kita untuk mencapai kapasitas maksimal kita. Tapi apakah kita mau atau tidak? Jangan menunda-nunda. Jangan banyak alasan tentang tidak punya waktu. 

BAGAIMANA CARA MAX OUT KAPASITAS?

• Work on it. Doa saja tidak cukup. Mesti melakukan sesuatu. Jika ingin maksimal di karier atau sekolah, tapi tidak berusaha maksimal, percuma. Tantang diri kita untuk selalu mau maju. Pertumbuhan harus disengaja. Dan kadang kita butuh orang lain untuk menarik kapasitas kita. Mau bertumbuh atau tidak itu adalah keputusan. Jika ada kesempatan untuk bertumbuh, ambil. Salah atau gagal itu biasa, asalkan kita tetap bersama Tuhan, Dia mengajari kita

• Have instinct to increase. Tuan yang memberikan talenta pada masing-masing hamba (Matius 25:14-30) tidak pernah memberi tahu apa yang harus dilakukan dengan talenta itu ke mereka, tetapi hanya yang menerima lima dan dua talenta saja yang punya insting atau naluri untuk menyenangkan hati tuannya sehingga menggunakan talenta mereka. Hamba yang menerima dua talenta pun tidak sirik terhadap yang menerima lima talenta. Tuhan memberi potensi sesuai dengan kapasitas kita masing-masing. Dan berusahalah untuk max out. Hanya sebagai murid Tuhan yang memiliki instinct to increase (naluri untuk bertumbuh) ini sebab dia selalu rindu belajar lebih lagi

Hidupi apa yang ada padamu secara maksimal. "Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita" (Rm. 8:37). Stop saying low about yourself. Berhentilah berkata tidak bisa tentang dirimu. Kita dilahirkan dengan potensi yang luar biasa, dan Tuhan tidak pernah salah memilih kita (Yer. 1:5)! Tuhan punya panggilan yang besar atas hidupmu, dan dunia ini membutuhkanmu. 

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

Sermon By : Marsya Manopo