• Pdp. Charlie Jeremiah
  • 24 Juni 2018
  • 2PM - Pk. 14:00
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

WICKED SERVANT

"Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. (Matius 25:14-30)

Firman Tuhan berkata bahwa, Yang seorang diberikannya 5 talenta, yang seorang lagi 2 dan yang seorang lain lagi 1, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. Masing-masing hamba tersebut diberikan menurut kesanggupannya jadi mereka tidak boleh untuk iri. Ini sering disampaikan dalam kotbah untuk menantang kapasitas kita, talenta kita. Kisah diatas ada satu orang yang memiliki satu talenta dan tidak mengembangkannya dan tuannya mengatakan ia sebagai hamba yang jahat. Mengapa ia disebut sebagai hamba yang jahat. Apa yang akan terjadi jika menolak untuk mengembangkan talenta?

1. TIDAK MEMULIAKAN ALLAH

Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu! (1 Kor 6:20)

Apa hubuanganayat ini dengan hamba yang jahat. Apa perbedaan Pegawai dengan Hamba ? Pegawai upahan dibayar setelah tugasnya selesai tetapi beda dengan budak/hamba. Hamba adalah orang yang tidak mempunyai apa-apa lagi dan ia dijual dipasar budak dan tidak memiliki hak lagi terhadap dirinya sendiri dan ia menjadi miliki Tuanya. Saudara dan saya adalah Hamba yang dibeli dan telah lunas dibayar di atas kayu salib melalui kematian Yesus di atas kayu salib. Kita adalah hamba dan hidup kita hanya untuk Tuhan. Dan Tuhan berkata bahwa kita diberikan masing-masing Talenta yang berbeda dengan yang lainnya dan Tuhan mau supaya kita mengembangkannya.

2. KEHILANGAN YANG TERBAIK

Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu.(Mat 25:28)

Kalau kita tidak mengembangkan talenta dan karunia yang diberikan Tuhan, maka kita kehilangan yang terbaik. Hal ini berbicara kesempatan dan kita harus menggunakan kesempatan tersebut dengan baik. Ada banyak orang dengan segala alasan yang diberikan bagi orang-orang yang malas untuk mengembangkan Talenta atau karunia yang mereka miliki dan akhirnya mereka kehilangan yang terbaik. Oleh sebab itu pergunakan waktu yang sebaik-baiknya dan bertanya kepada Tuhan apa yang harus kita lakukan untuk mengembangkan Talenta dan Karunia yang diberikan Tuhan.

3. TERSINGKIRKAN

Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.“ (Mat 25:30)

Hamba-hamba ini memiliki kemampuan tetapi tidak berguna karena ia tidak mau mengembangkan Talenta dan Karunianya yang diberikan kepadanya. Alkitab berkata, hamba-hamba sperti ini akhirnya dibuang ke Neraka.

HAMBA YANG JAHAT

• Menolak untuk bertanggung jawab

Tuhan menuntut pertanggungjawaban atas apa yang kita lakukan. Oleh sebab itu kita harus hidup sungguh-sungguh mengerjakan apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita.

• Menolak mengelola apa yang Tuhan percayakan

Kembangkan semua apa yang kita miliki untuk memuliakan Tuhan. Kalau kita tidak mengembangkannya maka semua yang Tuhan percayakan akan diambil dari kita dan diberikan kepada orang lain.

 “Semua karunia & talenta diberikan bukan untuk memuaskan diri sendiri. Semua karunia & talenta diberikan untuk menolong orang lain.”

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"