• Pdt. DR. Leonardo A. Sjiamsuri, MBA, M. Th
  • 24 Juni 2018
  • Ibadah Raya V - Pk. 16:30 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

MENGERTI KEHENDAK TUHAN

Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. (Gal. 5:16)

Penting sekali kita mengerti apa yang menjadi keinginan Tuhan dalam hidup kita. Banyak orang orang percaya datang ke gereja agar persoalan hidupnya dijawab oleh Tuhan dan itu tidak salah, tetapi kita harus juga bisa menjawab apa yang menjadi keinginan Surga dalam hidup kita. Oleh sebab itu kita harus dapat mengerti apa isi hati Tuhan.

Bagaimana membangun Intimacy atau membangun sebuah hubungan yang dekat dengan Tuhan. Keintiman dengan Tuhan menentukan untuk bisa mengerti hati Tuhan. Seperti halnya dengan baterey Handphone kita jika sudah habis maka kita harus mengisi ulang batrey tersebut. Oleh sebab itu kita harus memilih sumber charge/sumber kekuatan yang benar untuk mengisi ulang. Demikian juga dalam kehidupan kita, Sumber utama kekuatan kita adalah Tuhan yaitu dengan membangun intiman dengan Tuhan. Kita tidak hanya cukup membangun hubungan kita dengan mempelajari kotbah-kotbah sekalipun itu penting namun kita harus mengembangkan keintiman dengan Tuhan.

Bagaimana caranya membangun hubungan intim dengan Tuhan yaitu Bangun Kebiasaan Saat Teduh.

Manusia banyak kali berjalan dalam kebiasaan bawah sadar atau banyak kali orang Kristen dibangun dari kebiasaan. Oleh sebab itu kalau kita membangun kebiasaan membangun hubungan intim dengan saat teduh maka kita tidak bisa melupakan Saat Teduh karena Saat Teduh sudah menjadi suatu Kebutuhan. Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. (Gal. 5:16) Hiduplah oleh Roh artinya biasakan hidupmu dibangun atas dasar Roh. Dan membangunnya harus setiap hari. Hidup ini dibangun di atas kebiasaan oleh sebab itu bangun kebiasaan untuk saat teduh pada pagi hari maka ksemakin lama kita menemukan hubungan yang intim dengan Tuhan bertumbuh dalam hidup kita dan kita tidak bisa hidup tanpa keintiman dengan Tuhan. Kalau kita memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan maka dapat mengerti dan mendengar suara Tuhan.

Apa itu saat teduh ? di dalam kitab Mazmur sering kita temukan kata “Sela”. Kata Sela sama dengan beralih fokus dari diri kita kepada Tuhan. Dalam hidup ini kita butuh “Sela” supaya kita beralih dari semua kesusahan, pergumulan hidup kita lalu beralih kepada Tuhan. Kita sering kali datang kepada Tuhan pada waktu memiliki masalah sehingga kita tidak bisa mengerti kehendak Tuhan. “Sela” adalah dimana dalam 24 jam kita mengambil waktu untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Waktu yang berkualitas itu berbeda-beda. Tuhan Yesus mengambil waktu untuk “Sela” di tengah-tengah kesibukan dari waktu pagi dan sore dan dari waktu malam dengan siang Tuhan dapat menambil waktu “Sela”. Semua kehidupan hamba-hamba Tuhan di dalam perjanjian Lama dan perjanjian Baru dimana mereka memiliki waktu untuk “Sela”.

Porsi yang terpenting dalam kekristenan bukan ibadah, bukan membayar perpuluhan tetapi membangun saat teduh pagi hari atau membangun hubungan yang intim dengan Tuhan. Hidup kita ditentukan oleh bagaiman kita mengalokasikan waktu kita untuk Tuhan. Banyak orang kristen tidak memiliki waktu membangun hubungan dengan Tuhan karena gadjet. Bagaimana Kita Membangun Kebiasaan :

1. Tentukan waktu Spesifik yang terbaik Untuk Tuhan

Waktu yang terbaik adalah waktu yang segar dan bagi setiap orang berbeda-beda. Pada waktu kita segar waktu datang kepada Tuhan, kita membaca Alkitab dan memuji dan menyembah Tuhan maka waktu kita keluar untuk menghadapi sepanjang hari itu, kita akan menjadi pemenang.

2. Melakukan dengan Konsisten

Melakukan secara konsisten, setiap hari dan itu akan menjadi kebiasaan dalam hidup kita. Waktuk kita melakukan secara konsisten, kita sedang membangun pola.

3. Cari Tempat yang Dapat membuat Konsentrasi

Tempat yang bisa membuat kita konsentrasi penting, agar kita tidak diganggu dengan hal-hal yang dapat mengganggu saat teduh kita.

4. Merenungkan firman Tuhan

Merenungkan Firman Tidak hanya membaca tetapi melibatkan pikiran kita dengan bertanya apa yang harus kita lakukan, dan bagaimana kita bisa melakukannya. Banyak orang membaca Alkitab dengan tergesa-gesa sehingga tidak punya quaity time dengan Tuhan dan tidak melibatkan pikirannya dengan Firman Tuhan.

5. Kerjakan Apa yang Anda Dapat Pada saat Teduh

Oleh karena itu miliki saat Teduh untuk membangun hubungan yang intim dengan Tuhan. Amin..!

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"