• Ps. Edward Supit
  • 05 Agustus 2018
  • Ibadah Raya III - Pk. 11:15 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

The Movie Of Your Life (Film Tentang Kehidupan Anda)

Kolinda Grabar-Kitarovi? adalah Presiden Kroasia, seorang wanita yang rendah hati, fasih berbicara enam bahasa, cukup akrab dengan kawula muda, peduli terhadap manula, dan banyak hal inspiratif lainnya. Kita bisa belajar banyak darinya. Sering kali kita membicarakan kehidupan yang inspirasional dan baik atas orang-orang lain. Tetapi, bagaimana dengan hidup kita sendiri? Apakah orang-orang juga membicarakan hal-hal yang positif, yang baik tentang diri dan hidup kita?

"Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita" (Ef. 3:20).

Milikilah impian yang besar. Buatlah film yang baik tentang hidup Anda. Film apa yang sedang kita mainkan? Kalau film yang kita mainkan bagus atau jelek, maka akan menjadi rekomendasi bagi orang lain yang menontonnya. Kita dapat melihat yang tidak mungkin menjadi mungkin karena Tuhan akan membentuk & mengarahkan mimpi kita. Tuhan memakai mimpi-mimpi dalam hidup kita untuk mengarahkan, membentuk, menjabarkan hidup kita. Bagaimana membuat film yang besar dalam hidup kita?

1. MEMILIKI KEINGINAN YANG KUAT (Strong Passion) 

Tuhan mau kita menjadi orang yang sukses. Saat bangun tidur kita harus bergairah bersama rencana Tuhan yang luar biasa. Yesus mengajar, berdoa, melakukan pelayanan dengan gairah dan menyala-nyala. Mari mempunyai keinginan yang kuat. Selalu bergairah tentang kehidupan (excited about life)! Selalu semangat. Kalau orang-orang dunia saja punya keinginan yang kuat bisa mewujudkan impian, terlebih kita sebagai anak-anak Tuhan! "Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan" (Luk. 11:10).

2. MEMILIKI PERENCANAAN YANG INTENSIF (Intensive Planning)

Kita harus tahu lewat mana dan situasi seperti apa untuk sampai ke suatu tujuan. Langkah-langkah kecil pun berarti (baby steps matter). Hargai orang yang sudah berusaha untuk berubah menjadi lebih baik sekecil apa pun usahanya. Evaluasi impian kita apakah masuk akal? Kita harus mempunyai impian yang jelas dan dapat diwujudkan dengan pertolongan Tuhan. "Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu" (Luk. 14:28)? Impian kita apakah berharga dan layak diperjuangkan? Apa gunanya mendapatkan seluruh dunia atau impian dan Anda kehillangan sesuatu yang jauh lebih penting? Kita harus mempunyai perencanaan yang intensif. Untuk membangun pernikahan juga tidak mudah; dibutuhkan perencanaan yang efektif.

3. MEMILIKI KETAHANAN, KEGIGIHAN DAN KEULETAN (Holy Tenacity)

"Sebab di sini banyak kesempatan bagiku untuk mengerjakan pekerjaan yang besar dan penting, sekalipun ada banyak penentang" (1 Kor. 16:9). Kalau kita mau sukses, tapi tidak mau gigih dan ulet, lupakan. Waktu ada masalah dan ketakutan menghadang, jangan kita mundur, tetapi teruslah maju ke depan. Kalau Iblis membuat kita jatuh, bangkit lagi karena kita tidak akan jatuh tergeletak sebab Tuhan selalu menopang dengan tangan-Nya. "Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana" (Ams. 24:16).

4. MEMILIKI KOMUNITAS YANG POSITIF (Positive Community)

"Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang" (Ams. 13:20). Jika kita ingin membuat film yang besar, maka dengan siapa kita bergaul itu akan menentukan film seperti apa yang akan kita hasilkan. Jika kita bergaul dengan orang yang hidupnya positif, kita juga akan terpengaruh positif.

Menjalani kehidupan adalah seperti membuat sebuah film. Sukses atau tidaknya film kita tergantung dari keterlibatan Tuhan di dalam hidup kita, bagaimana hubungan intim kita dengan Tuhan. Bersama dengan Tuhan, kita akan mampu membuat film kehidupan kita menjadi film yang besar dan menjadi berkat bagi banyak orang. Bukan berarti keadaan kita harus baik-baik dulu kita bisa membuat film yang luar biasa tentang hidup kita. Sebab kita saja bisa memulai dari keadaan nol, sampai hidup Anda menjadi berkat dan banyak orang membicarakan hal yang baik tentang hidup Anda.


"TUHAN YESUS MEMBERKATI"