• Pdt. Johan Lumoindong
  • 09 September 2018
  • Ibadah Raya I - Pk. 07:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Berdiri Teguh Menghadapi Tantangan Hidup

Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih! ( Fil. 4:1)

Hari-hari ini hidup yang harus kita hadapi tidaklah mudah. Dengan hanya beribadah ke gereja tidak menjamin hidup kita bebas dari masalah dan tantangan hidup. Untuk dapat menghadapi masalah dan tantangan hidup, dari perikop diatas mengajarkan kita harus Berdiri Teguh Didalam Tuhan. Berdiri Teguh tidak hanya berlaku bagi jemaat di filipi, tetapi juga bagi jemaat kristen di hari-hari ini. Oleh sebab itu Rasul paulus mengatakan, berdirilah Teguh didalam Tuhan, karena ini bukanlah hanya sebuah pernyataan, tetapi ini adalah sebuah dukungan. Dukungan kepada jemaat Kristen untuk tetap kuat menghadapi kehidupan yang penuh dengan tantangan disekitar kita. 

Apa saja kunci agar kita dapat tetap kuat didalam Tuhan :

1. Dikasihi dan Mengasihi.

Kita harus menyadari bahwa Tuhan terlebih dahulu mengasihi kita sebelum, kita mengasihi Tuhan. Dengan kita menyadari Kasih Tuhan kepada kita, disitulah kekuatan bagi kita untuk mampu melewati setiap permalahan. Kasih Tuhan yang mampu membawa sukacita. Ketahuilah sebesar apapun masalah atau tantangan yang kita hadapi, Kasih Tuhan lebih besar dari masalah dan tantangan kita.

2. Yang Kurindukan.

Sebelum kita hadir di gereja, Tuhan sudah merindukan kita. Kerinduan Tuhan inilah yang akan menjadi kekuatan bagi hidup kita. Oleh sebab itu, Tuhan selalu rindu kita untuk selalu intim dengan Dia, berdoa dan bersekutu dengan Dia.

3. Sukacitaku.

Kata sukacitaku adalah perwakilan Paulus yang bersukacita karena Tuhan kepada Jemaat di filipi. Artinya kita juga harus selalu bersukacita karena Tuhan. Bersukacita saat beribadah, memberikan pujian dan penyembahan yang terbaik kepda Tuhan saat beribadah, karena dengan pujian dan penyembahan yang kita naikkan kepada Tuhan, itu akan menjadi kekuatan bagi kita untuk mampu melewati masalah dan tantangan dalam hidup kita.

4. Mahkotaku.

kadang kita sering merasa tidak di hargai oleh orang disekitar kita. Banyak orang yang merendahkan kita. tapi kita harus tahu bahwa kita semua adalah berharga dimata Tuhan. 

Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu.( Fil. 3:17)

Kita harus menjadi teladan bagi orang disekitar kita. Tidak penting siapa kita, seperti apa kondisi keuangan kita, yang terpenting adalah kita harus dapat menjadi teladan bagi banyak orang, maka hidup kita akan menjadi berkat bagi banyak orang.

Yang harus kita miliki sebagai jemaat Tuhan untuk dapat menghadapi masalah dan tantangan hidup adalah tetaplah Berdiri Teguh didalam Tuhan. 4 kunci untuk menjadi kekuatan hidup kita adalah dikasihi dan mengasihi, Kerinduan Tuhan, Sukacita, dan Mahkota yang artinya hidup kita berharga dimata Tuhan. Amin.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"