• Pdp. Willy Santoso, BSc.
  • 30 September 2018
  • Ibadah Raya V - Pk. 16:30 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

FEAR OF THE LORD AND SERVE HIM (TAKUTLAH AKAN TUHAN & LAYANILAH DIA)

Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.(1 Kor. 3:7)

Pertumbuhan gereja hanya berasal dari Allah. Untuk bisa bertumbuh dalam gereja, jemaat harus tertanam dan tersiram. Ada wadah doa fajar dan menara doa agar jemaat CK 7 memiliki karakter Kristus. Visi GBI PRJ Group adalah menjadi Gereja yang berkarakter Kristus & berdampak bagi sesama. Misi GBI PRJ Group adalah membangun Karakter Kristus dengan melengkapi setiap tahap kehidupan melalui pengembalaan, pengajaran, pelatihan & teknologi

Keadaan pada akhir zaman

Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu! (2 Tim. 3:1-5)

Ayat ini tidak bicara mengenai suatu predikat, namun mengenai keadaan manusia pada akhir zaman. Paulus mengatakan bahwa nanti pada hari-hari terakhir manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Adakah karakter-karakter pada ayat diatas pada diri kita?

Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.( Rom. 12:1)

Kehidupan kita harus mencerminkan Kristus dan tidak boleh sama dengan dunia.

Learning to love yourself, it is the greatest love of all – Michael Masser

Dunia sering mempengaruhi kita dengan mencintai diri kita sendiri. Namun ajaran Tuhan adalah jangan mencintai diri kita sendiri. Kehidupan kita harus memuliakan nama Tuhan.

Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.(1 Sam. 12:24)

But be sure to fear the LORD and serve him faithfully with all your heart; consider what great things he has done for you. (1 Sam. 12:24 NIV)

Apakah kita merasakan kebaikan Tuhan dalam hidup kita? Kebaikan terbesar yang Tuhan berikan adalah diri-Nya sendiri sehingga dosa-dosa kita diampuni dan sudah selayaknya hidup kita takut akan Tuhan dan melayani Dia. Pada saat kita mau melayani Tuhan, kita harus merasakan kasih Tuhan dalam diri kita.

Untuk dapat melayani Tuhan, ada lima hal yang harus kita lakukan :

1. Bayar harga

Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu. Lalu Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya."(Luk. 21:1-4)

2. Berikan yang terbaik dengan sepenuh hati

"Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?"(Yoh. 6:9)

3. Setia dalam perkara kecil

"Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar. (Luk. 16:10)

4. Penundukan diri

Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.( Ibr. 13:17)

5. Miliki kerendahan hati

Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan. (Mat. 23:11-12)

God does not call the equipped, He equips the Called. (Tuhan siapkan mereka yang terpanggil)

Respon Firaun adalah dia tidak mengenal Allah Israel dan memperberat tugas mereka. Iblis tidak suka ketika kita melayani Tuhan. Itu sebabnya ada saja yang dilakukan sehingga kita tidak bisa melayani Tuhan. (Kel. 5:1,7-9,13)

Miliki hati yang tergerak untuk melayani Tuhan, maka Dia akan memperlengkapi diri kita (Kel. 3:11-12, Yer. 1:6-9, 1 Sam. 16:11-12)

Saat kita melayani Tuhan ada perbedaan. Pada saat kedatangan kedua-Nya akan akan pembedaan yang Tuhan lakukan 1Kor 15:58, Mal. 3:17-18)

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"