• Pdt. Johan Lumoindong
  • 04 Desember 2011
  • Ibadah Raya II & III - Pk. 09.00 & 10.00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Gaya Hidup Yang Menyenangkan Tuhan

"Raja memberi perintah, lalu diambillah orang-orang yang telah menuduh Daniel dan mereka dilemparkan ke dalam gua singa, baik mereka maupun anak-anak dan isteri-isteri mereka. Belum lagi mereka sampai ke dasar gua itu, singa-singa itu telah menerkam mereka, bahkan meremukkan tulang-tulang mereka. Kemudian raja Darius mengirim surat kepada orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa, yang mendiami seluruh bumi, bunyinya: "Bertambah-tambahlah kiranya kesejahteraanmu! Bersama ini kuberikan perintah, bahwa di seluruh kerajaan yang kukuasai orang harus takut dan gentar kepada Allahnya Daniel, sebab Dialah Allah yang hidup, yang kekal untuk selama-lamanya; pemerintahan-Nya tidak akan binasa dan kekuasaan-Nya tidak akan berakhir. Dia melepaskan dan menolong, dan mengadakan tanda dan mujizat di langit dan di bumi, Dia yang telah melepaskan Daniel dari cengkaman singa-singa." Dan Daniel ini mempunyai kedudukan tinggi pada zaman pemerintahan Darius dan pada zaman pemerintahan Koresh, orang Persia itu."(Daniel 6:25-29)

Tahun 2012 adalah tahun perkenanan Tuhan (The Year The Lord Favor). Untuk melihat hal tersebut kita mau belajar pada seorang pribadi yaitu DANIEL. Ketika hidup kita sudah menjadi kesenangan bagi Tuhan, maka hidup kita akan dibela dan disertai Tuhan.

Untuk menjadi kesenangan Tuhan (God's Favor), mari kita lihat Daniel, bagaimana gaya hidup Daniel sehingga menjadi kesenangan Tuhan (God's Favor)?

  1. Menjadi orang yang memiliki hidup dalam DOA (Man of Prayer)
  2. "Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya. Lalu orang-orang itu bergegas-gegas masuk dan mendapati Daniel sedang berdoa dan bermohon kepada Allahnya."(Dan.6:11-12)

    Memiliki hidup dalam doa berarti kita berada dalam koridor Tuhan. Daniel memiliki waktu khusus dalam hidupnya untuk berdoa kepada Tuhan. Jadi ketika hidup kita ada dalam doa, untuk pembelaan dan penyertaan Tuhan pasti ada, sehingga mendapat kemenangan.

  3. Menjadi Manusia yang benar (Man of Integrity)
  4. "Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apa pun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya." (Daniel 6:5).

    Menjadi manusia yang benar artinya hidupnya bersih dari kesalahan. Begitu juga Daniel ketika banyak orang untuk menjatuhkan dan mencari kesalahan akan apa yang diperbuatnya, ternyata tidak didapati alasan apa pun atau kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau suatu kesalahan pada Daniel. Hidup kita supaya menjadi kesenangan Tuhan, hal yang harus diperhatikan adalah untuk tetap ada dalam kebenaran. Posisikan hidupmu ada dalam kebenaran Tuhan, maka apapun keadaan dan persoalan yang datang dalam hidup kita, Tuhan yang akan tampil untuk membela dan memberi kemenangan bagi kita.

  5. Memiliki hubungan (Man of Relationship)
  6. "Setelah raja mendengar hal itu, maka sangat sedihlah ia, dan ia mencari jalan untuk melepaskan Daniel, bahkan sampai matahari masuk, ia masih berusaha untuk menolongnya."(Dan 6:15)

    "Lalu pergilah raja ke istananya dan berpuasalah ia semalam-malaman itu; ia tidak menyuruh datang penghibur-penghibur, dan ia tidak dapat tidur."(Dan 6:19)

    Daniel bisa berhubungan dengan siapa saja. Daniel mempunyai hubungan yang baik dengan raja, apa yang terjadi Daniel mengalami hal yang tidak enak, dalam alam spirit terjadi kontak batin dengan raja, akibatnya raja menjadi sedih, berpuasa bahkan tidak bisa tidur karena Daniel. Artinya ketika kita mempunyai hubungan yang baik dengan sesama terkhusus pemimpin kita, maka pembelaan itu akan datang, berkat juga datang karena Tuhan yang melakukannya. Oleh karena itu jaga dengan baik hubungan kita dengan siapapun, supaya ada berkat Tuhan. Amin...

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"