• Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo
  • 21 Oktober 2011
  • Ibadah Raya IV - Pk. 16.30 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Kuasa Roh Kudus Dicurahkan

Kisah Para Rasul 1:8 "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Awal tahun 2009 Tuhan bicara

"Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu." (Wahyu 3:11).

Apa yang akan Tuhan kerjakan dan yang harus kita lakukan. Bagian Tuhan adalah mencurahkan kuasa Roh Kudus dan bagian kita menjadi saksi Kristus.

Apa yang dimaksud Kuasa Roh Kudus itu dicurahkan bagi kita, yaitu:

  1. Kuasa untuk berbahasa Roh (Roma 8:26)
  2. Kalau kita berbahasa Roh ada banyak keuntungannya yaitu: membangun diri sendiri, membantu roh kita untuk berdoa apa yang tidak kita ketahui. Restorasi Pondok Daud yaitu untuk pemulihan dalam doa pujian penyembahan siang dan malam bersama-sama. Ketika Restorasi Pondok Daud terjadi, maka akan terjadi supaya semua bangsa atau setiap lutut dan setiap lidah mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan. Spirit Pondok Daud ada 3 hal yaitu: (1) Ada hadirat Tuhan, (2) Berbahasa Roh, (3) Ada Pengurapan.

  3. Ada Tanda dan Mujizat-Mujizat yang luar biasa (Yoh. 11:25).
  4. Ketika Roh Kudus dicurahkan, murid-murid Yesus dipakai secara luar biasa. Petrus dan Yohanes dengan kuasa Roh Kudus mampu menyembuhkan orang lumpuh, bahkan bayangannya pun penuh dengan kuasa. Mujizat-mujizat seperti itu masih terjadi sampai saat ini. Apa yang terjadi 2.000 tahun yang lalu sedang dan akan terjadi sekarang ini. Mujizat masih ada! Tidak ada yang mustahil bagi Allah karena Roh Kudus sedang dicurahkan bagi kita semua. Ketika kita dipulihkan dalam segala sesuatu baik, sakit penyakit kita, ekonomi, hubungan keluarga dan hubungan dengan Tuhan pun dipulihkan. Itulah Mujizat masih ada.

  5. Melakukan Penginjilan di tengah-tengah penganiayaan (Kis. Rasul 8:1b dan 4).
  6. Pada waktu itu rasul-rasul dimasukkan dalam penjara karena keberanian mereka dalam bersaksi. Puji Tuhan, kuasa Roh Kudus dinyatakan dengan melepaskan mereka dari belenggu dan rantai penjara. Apa yang terjadi? Penjara goncang, mereka bebas. Setelah itu penganiayaan atas jemaat Tuhan terjadi. Mereka lari ke segala penjuru sambil memberitakan Injil. Mau menjadi saksi Yesus yang efektif? Hadapi tekanan-tekanan dan penganiayaan. Justru ditengan kesulitan dan hambatan dalam memberitakan Injil kalau kita tetap setia, maka hasilnya akan maksimal. Multiplikasi Jiwa sedang terjadi bagi gereja-Nya. Usahakanlah kesejahteraan kota – berdoalah untuk kota di mana kita berada, sebab kesejahteraan kota adalah kesejahteraan kita juga. Kita harus berdampak bagi lingkungan sekitar kita.

  7. Perubahan Gaya Hidup Jemaat (Kisah Para Rasul 4:34-35).
  8. Melalui pencurahan Roh Kudus, para murid bertekun dalam doa, pengajaran rasul-rasul, serta memecahkan roti bersama-sama dengan gembira dan tulus hati. Ini yang Tuhan mau untuk kita lakukan. Ini adalah ciri-ciri yang penting pada waktu Roh Kudus dicurahkan. Tidak ada yang kekurangan, karena mereka saling memperhatikan. Mau mengalami multiplikasi dan promosi? Kuncinya adalah MENABUR/MEMBERI. Menjadi kaya boleh-boleh saja, tetapi jangan sampai kita cinta uang. Jangan terikat dengan uang. Jangan jadi Ananias dan Safira yang memberi dengan manipulasi karena bertujuan untuk mementingkan diri sendiri. Ingat, "Akar segala kejahatan adalah cinta uang."

  9. Perubahan Paradigma dalam Pelayanan (Kisah Para Rasul 10: 9-16).
  10. Saat itu, para murid memiliki paradikma bahwa keselamatan hanya diperuntukkan bagi bangsa Yahudi saja. Tetap melalui pencurahan Roh Kudus, paradikma mereka diubahkan, bahwa keselamatan adalah milik segala bangsa di muka bumi ini. Petrus mendapatkan penglihatan tentang makanan-makanan yang menurut dia haram, tetapi Tuhan suruh memakannya. Dan ketika Petrus taat, seorang Kornelius yang bukan Yahudi dimenangkan lalu percaya kepada Yesus. Ke depan ini kita akan banyak melihat paradikma baru yang akan Tuhan berikan kepada gereja-Nya. Paradikma dalam pelayanan akan diberikan. Mungkin banyak yang belum mengerti, tapi percaya saja. Pasti akan mendatangkan kebaikan bagi gereja-Nya. Tuhan mau gereja-Nya terus mengikuti kegerakan dan tuntunan Tuhan dengan paradikma-paradikma yang baru.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"