• Pdm. Robertus Purwadi, S.Pd. SE
  • 28 April 2013
  • Ibadah Raya I - Pk. 07.00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Indah Pada Waktunya

Allah pasti menjawab doa kita, jawaban doa dari Allah ada tiga yaitu (1) YA, artinya bahwa Tuhan berkenan dan memberi jawaban doa, (2) TIDAK , artinya bahwa Tuhan tidak berkenan dan tidak menjawab doa kita, (3) TUNGGU, artinya Tuhan akan menjawab seturut dengan waktunya Tuhan. Ada hal yang harus kita tahu ketika berdoa: (1)Jangan memaksakan kehendak Saudara kepada Tuhan, (2) Nantikan Waktu Tuhan. Tuhan Berdaulat penuh atas kehidupan kita.

Empat contoh jawaban Doa dari Tuhan sehingga Indah pada waktunya:

  1. Satu hari (Luk. 19: 3-4)
  2. Contoh permohonan Doa yang di jawab saat itu juga adalah : ZAKHEUS.

    "Usaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek. Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ.Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita. " (Luk. 19: 3-4).

    Kerinduan dan doa Zakheus di jawab saat itu juga, ketika ada kerinduan untuk bertemu Tuhan Yesus di jawab hari itu. Bagi setiap orang yang rindu dan mau ketemu Tuhan Yesus, maka hari itu dijawab oleh Tuhan Yesus.

  3. Empat Hari (Yoh. 11: 17)
  4. Contoh Permohonan doa dan kerinduan hati Marta dan Maria selama empat hari.

    "Maka ketika Yesus tiba, didapati-Nya Lazarus telah empat hari berbaring di dalam kubur." (Yoh. 11:17)

    Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: "Lazarus, marilah ke luar!". doa terjadi ketika Tuhan yang memberi jawaban, Marta dan Maria menungguh sampai empat hari:

    "Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: "Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi." (Yoh 11: 44)

  5. Satu Tahun Sembilan Bulan (1 Sam. 1: 11-28)
  6. Contoh: permohonan dan kerinduan doa yang dijawab selama Satu Tahun Sembilan Bulan adalah HANA, yang mengalami persoalan dan masalah yang berat dalam hidupnya, siang malam berdoa kepada Tuhan, akhirnya mendapatkan jawaban tepat pada waktunya.

    "Kemudian bernazarlah ia, katanya: "TUHAN semesta alam, jika sungguh-sungguh Engkau memperhatikan sengsara hamba-Mu ini dan mengingat kepadaku dan tidak melupakan hamba-Mu ini, tetapi memberikan kepada hamba-Mu ini seorang anak laki-laki, maka aku akan memberikan dia kepada TUHAN untuk seumur hidupnya dan pisau cukur tidak akan menyentuh kepalanya." (1 Samuel 1: 11).

    Tuhan Memberikan jawaban doa tepat waktunya: "Maka setahun kemudian mengandunglah Hana dan melahirkan seorang anak laki-laki. Ia menamai anak itu Samuel, sebab katanya: "Aku telah memintanya dari pada TUHAN." (1 Sam. 1: 20),

    Untuk mendapat anak inilah aku berdoa, dan TUHAN telah memberikan kepadaku, apa yang kuminta dari pada-Nya. Maka aku pun menyerahkannya kepada TUHAN; seumur hidup terserahlah ia kiranya kepada TUHAN." Lalu sujudlah mereka di sana menyembah kepada TUHAN." (1 Sam. 1: 27-28)

  7. Dua Puluh Lima Tahun (Kej. 12:4; Kej. 21: 5)
  8. Contoh permohonan dan kerinduan doa yang di jawab selama 25 tahun adalah Abraham. Seperti yang dikatakan Firman Tuhan

    "Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya, dan Lot pun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran." (Kej. 12: 4).

    Ketika Ishak lahir Abraham berumur 100 tahun, karena ketika janji itu datang pada Abraham saat berumur 25 tahun.

    "Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya." (Kej. 21: 5)

Ketika jawaban doa datangnya dari Tuhan pasti itu yang terbaik. Tuhan selalu memberikan indah pada waktunya, jadi ketika kita merindukan perubahan yang terjadi dalam hidup kita, baik kerinduan pasangan hidup, kelahiran anak, ekonomi, usaha dan bisnis, kalau belum mendapat jawaban Tuhan, tunggu 1 hari, belum juga di jawab tunggu 4 hari, jika belum di jawab tunggu 1,9 bulan dan belum dijawab Tuhan tunggu 25 tahun dan pasti Tuhan memberikan yang terbaik dalam kita. Kupu-kupu tidak berusaha dengan kekuatan sendiri untuk keluar dari kepompong, pada waktunya tiba maka bisa terbang kemanapun dia mau. Sesuatu yang tepat waktunya akan menjadi indah dimata Tuhan dan mulia di mata manusia.

Langkah-langkah dalam menantikan jawaban Doa, sehingga mendapatkan INDAH PADA WAKTUNYA, sebagai berikut:

  1. Mintalah menurut Kehendak-Nya (1 Yoh. 5: 14)
  2. Hidup dari IMAN (Gal. 3: 9)
  3. Bertindak (Mat. 7: 7)
  4. Sabar (Ibrani 6: 15)
  5. Mengucap Syukur (1 Tes. 5: 18)

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"