• Pdt. Ir. Timotius Arifin
  • 24 Februari 2013
  • Ibadah Raya II & III - Pk. 09.00 & 11.15 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 - 6230 3360 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Physical Touch (Sentuhan Fisik Tuhan)

Ayat bacaan 1 Raja-raja 3:1-15

Dalam bacaan diatas menceritakan tentang Putera Daud yang bernama SALOMO, ia hidup menurut ketetapan dan peraturan peraturan Tuhan seperti yang dilakukan oleh ayahnya yaitu DAUD. Kehidupan Daud ditunjukkan melalui karakter hidupnya yang setia, benar dan jujur. Salomo memberikan persembahan yang terbaik dan luarbiasa kepada Tuhan, Alkitab mencatat seribu korban persembahan diberikan untuk Tuhan. Manusia diciptakan segambar dan serupa dengan Allah, kita diciptakan Tuhan untuk menyenangkan hati Tuhan.

Lima Languages of Love (Lima bahasa Kasih/ Cinta) ketika kita hidup dalam Tuhan, sbb:

  1. Words of Affirmantion (Kata-kata Pujian)
  2. Kata-kata pujian sangat menyenangkan dan penting dalam hubungan keluarga, antara suami, isteri, penting juga untuk membedakan sorga dan neraka.

  3. Quality Time (Waktu yang berkualitas)
  4. Waktu yang berkualitas sangat penting bagi seorang pemimpin, karena itu harus mengerti prioritas.

  5. Gift Giving(Pemberian Kasih)
  6. Pemberian hadiah sangat berarti bagi kehidupan kita, baik yang memberi maupun yang menerima.

  7. Acts of service (Tindakan Melayani)
  8. Physical Touch (Sentuhan fisik)

Bagaimana bisa menghampiri Tuhan sehingga menyenangkan hati-Nya (physical Touch):

  1. Beri Kata-kata Pujian yang tepat
  2. "Siapa memberi jawaban yang tepat mengecup bibir." (Amsal 24: 26).

    Kitab Amsal mengatakan bahwa jawaban yang tepat seperti mengecup bibir. Standar dalam kehidupan Perjanjian Lama adalah Daud, standar perjanjian baru adalah Yesus Kristus. Karakter orang yang menyenangkan Tuhanpasti ditemuka SETIA,BENAR dan JUJUR .

    "Lalu Salomo berkata: "Engkaulah yang telah menunjukkan kasih setia-Mu yang besar kepada hamba-Mu Daud, ayahku, sebab ia hidup di hadapan-Mu dengan setia, benar dan jujur terhadap Engkau; dan Engkau telah menjamin kepadanya kasih setia yang besar itu dengan memberikan kepadanya seorang anak yang duduk di takhtanya seperti pada hari ini." (Yer. 3:6).

    UNUSUAL KINDNESS akan diubah oleh Tuhan menjadi UNUSUAL BLESSING. Rasul Paulus ketika melakukan perjalanan misi, dalam sebuah pulau, mengalami banyak tantangan, ketika engkau sedang menunjukkan kebaikan kepada orang yang mengasihi Tuhan, maka engakau akan diberkati dan dipulihkan oleh Tuhan dalam hidupmu.

  3. Beri Persembahan/hadiah yang terbaik.
  4. "Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN." (Yer. 9: 23-24).

    Hidup dengan memahami dan mengenal Tuhan, bagi pribadi yang mengenal dan memahami Tuhan akan membuat kita mengucap syukur dan bukti bahwa kita memahami dan mengenal Tuhan adalah dengan cara memberi persembahan atau hadiah yang terbaik bagi Tuhan. Manusia pertama yang mendapat perkenanan (FAVOR) adalah HABEL, Alkitab katakan sebagai berikut:

    "Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu, (Kej. 4: 4).

    Persembahan Habel berkenan kepada Tuhan, karena Habel memberi yang terbaik kepada Tuhan, maka mendatangkan perkenanan bagi Allah. Ketaatan menyenangkan hati Bapa. Korban terbaik, sempurna hanya ada dalam satu pribadi YESUS KRISTUS TUHAN.

"Seorang Farisi mengundang Yesus untuk datang makan di rumahnya. Yesus datang ke rumah orang Farisi itu, lalu duduk makan.Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu." (Luk. 7: 36,38).

Memberi yang terbaik dengan Tuhan, akan membuat kita memilik hati yang setia, benar dan jujur, yang membawa kita masuk dalam perkenanan Tuhan. Seperti wanita yang membasahi kaki Tuhan Yesus dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, menciumnya dan meminyaki dengan minyak wangi yang termahal. Kenapa Tuhan Yesus tersentuh atas perbuatan dan pemberian wanita itu, karena wanita itu memberi yang terbaik. Bukti itu menunjukkan kepada kita supaya kita sadar bahwa Allah kita telah memberikan anugerah dan kebaikan yang tidak terukur besarnya, mari kita datang untuk menyenangkan hati Tuhan dengan memberi yang terbaik apa yang kita miliki, sehingga hati Tuhan tersentuh. Amin…

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

Featured Speakers

23 24 25 26 27 29 28
  • 13 Apr 2014, IR1 - IR5
  • Ps. Phillip Mantofa
  • 18 Apr 2014, Jumat Agung 1 (07:30)
  • Pdt. Anthony Chang, M. Th
  • 18 Apr 2014, Jumat Agung 2 (10:00)
  • Pdm. DR. Janto Simkoputera, MD PhD
  • 18 Apr 2014, Jumat Agung 3 (16:30)
  • Pdm. Robertus Purwadi, S. Pd. SE
  • 20 Apr 2014, IR1 - IR3
  • Pdm. Dr. Bambang Susanto
  • 20 Apr 2014, IR5
  • Pdt. Petra Fanggidae, M. Div
  • 27 Apr 2014, IR1 - IR5
  • Pdt. Ir. Wiryohadi

Follow & Share

Aplikasi GBI - PRJ

close