• Suplement Cool CK7
  • 17 Januari 2012
  • COOL CK7 - Pk. 19.00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 - 6230 3360 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

Hidup Menurut Roh

"Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah." (Roma 8:5-8)

Masuk dalam tahun 2012 yaitu perkenanan Tuhan, Gembala sidang mendapat pesan Tuhan, bahwa jemaat Tuhan harus hidup menurut Roh, jangan menurut daging. Ayat diatas dicatat ada dua kontradiksi antara hidup menurut daging dan hidup menurut Roh. Kita yang ada dalam Kristus adalah ciptaan baru, ketika pikiran lama kita masih aktif. Untuk itu kita harus berusaha untuk selalu disiplin supaya berjalan dalam Roh Kudus, sebab kalau berjalan dalam kedagingan pasti akan mati. Ketika goncangan terjadi jangan sampai tergilas, caranya tetap berjalan dalam roh, memakai pikiran Kristus dan menjaga hati. Matikan kedagingan, dan hiduplah menurut Roh, maka perkenanan Tuhan akan terjadi.

Bagaimana hidup menurut Roh itu, sehingga kita mendapat perkenanan Tuhan:

  1. Pakai Pola Hidup Kristus (Roma 8:5)
  2. "Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh." (Roma 8:5)

    Dalam ayat tersebut sampai dua kali dikatakan "memikirkan" apa maksud kebenaran ini? Artinya bahwa pola kehidupan mereka ditentukan oleh apa yang dipikirkan. Kalau Tuhan menghendaki hidup kita menurut Roh, hendaknya hal-hal yang kita pikirkan adalah yang dari Roh atau Tuhan. Pribadi yang memikirkan hal-hal yang dari Roh akan mengikhtiarkan, mengejar, apa yang dikehendaki Roh yaitu Allah sendiri. Sebagai contoh kalau kita sungguh sungguh mencintai seseorang, seluruh perhatian kita akan diarahkan pada cara-cara untuk dapat menyenangkan orang itu, misal kalau kita bekerja di bawah seorang atasan yang kita hormati dan kita kasihi, maka kita akan melakukan yang terbaik sekalipun tanpa diperintah. Hal-hal yang menurut Roh (Gal. 5:22)

  3. Hiduplah dalam Damai Sejahtera
  4. "Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera." (Roma 8:6)

    Hidup ini adalah pilihan, mau hidup dalam damai atau kacau? Keinginan seperti apa yang kita akan turuti, keinginan hawa nafsu daging atau keinginan Roh. Mari kita sadar, mungkin selama ini keinginan kita dikontrol oleh daging yang terus menerus harus dipenuhi , berbalik dan bertobat untuk mengejar keinginan Roh, karena jika yang dituruti adalah daging, memang enak tapi hanya sementara akhirnya berujung pada maut dan kebinasaan,(Amsal 14:12; 16:25). Tetapi jika segala sesuatu yang dipikirkan dan diupayakan oleh ROH menuju kepada damai sejahtera. Jadi dengan jelas seluruh anggota COOL lebih baik mengikuti bimbingan Roh, yang membawa pada hidup, ketimbang daging yang membawa kepada kematian.

  5. Hiduplah Sesuai Kehendak Allah
  6. "Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah." (Roma 5:8)

    Berkenan kepada Allah adalah bertindak sesuai dengan kehendak Allah, yaitu melayani Tuhan. Ketika hidup kita menurut kehendak Allah, maka segala yang kita lakukan adalah untuk menyukakan hati Allah, seperti Firman Tuhan katakan demikian

    "Sebaliknya, karena Allah telah menganggap kami layak untuk mempercayakan Injil kepada kami, karena itulah kami berbicara, bukan untuk menyukakan manusia, melainkan untuk menyukakan Allah yang menguji hati kita." (1 Tesalonika 2:4)

    Masuk tahun perkenanan Tuhan ini mau tidak mau kita harus hidup sesuai dengan kehendak Allah yaitu menyukakan hati-Nya, sebagai sebuah keputusan yang pasti, supaya kita mengalami dan merasakan setiap janji-janji Tuhan, untuk melayani Tuhan, menyukakan hati Tuhan, berkenan kepada Tuhan, bagi hidup kita bukan merupakan pilihan lagi tetapi menjadi sebuah keputusan…(Galatia 1:10).

PENERAPAN :

  • Mari Jemaat Cool segera ambil keputusan segera untuk memilih hidup menurut Roh!!!
  • Share kan diantara Jemaat Cool untuk berbagi dan bersaksi bagaimana sebelum hidup dalam Tuhan atau sebelum hidup menurut Roh dan apa bedanya ketika telah mengambil keputusan hidup menurut Roh!!

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"